Deretan Pesepak Bola dan Pelatih yang Positif Corona, Serta Penghentian Beberapa Liga di Eropa

JACKPOT89.INFO - Penyebaran virus corona semakin meluas. Hingga Jumat (13/3/2020) sore, virus corona telah terkonfirmasi di ratusan negara.
Selain itu, virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut telah menginfeksi sebanyak 135.382 orang.
Dari jumlah tersebut, terdapat beberapa nama pesepak bola dan pelatih yang dinyatakan positif Covid-19.
Selain itu, imbas dari terus meluasnya virus corona, menyebabkan beberapa liga sepak bola di Eropa harus dihentikan sementara.
Berikut informasi selengkapnya:

Daniele Rugani

Pada Rabu (11/3/2020), bek asal klub Juventus ini dinyatakan positif terinfeksi virus corona.
Melansir The Guardian, Rugani telah dites positif untuk virus corona dan saat ini tidak menunjukkan gejala.
"Juventus Football Club saat ini mengaktifkan semua prosedur isolasi yang diharuskan oleh hukum, termasuk mereka yang telah melakukan kontak dengannya," kata pihak Juventus dalam sebuah pernyataan.
Rugani telah melakoni tujuh penampilan untuk Juventus musim ini, yang terakhir dalam kemenangan "Si Nyonya Tua" 2-1 melawan Spal pada 22 Februari lalu.
Rugani juga terlihat masih berlatih dengan tim utama pada hari Selasa (10/3/2020) kemarin.

Timo Hubers

Selain Rugani, seorang pemain klub kasta kedua Liga Jerman, Hannover 96 juga terlebih dahulu dinyatakan positif corona.
Timo Hubers, bek berusia 23 tahun tersebut diumumkan oleh pihak klub terinfeksi Covid-19 melalui laman resmi situs klub tersebut.
Seperti dalam pemberitaan Goal, pemain asal Jerman itu dinyatakan terpapar virus corona seusai menghadiri sebuah acara bersama temannya yang kemudian juga dinyatakan positif corona.
Hubers saat ini telah dikarantina di rumahnya.
"Diasumsikan bahwa Hubers tertular dalam sebuah acara di Hildesheim, Sabtu malam lalu. Dia tidak memiliki kontak dengan rekan setim sejak kejadian tersebut. Namun, kami tetap akan menguji kondisi seluruh elemen tim," begitu bunyi pernyataan resmi klub.
"Dia (Hubers) melakukan langkah tepat. Dia tidak menunjukkan gejala ketika dia mengetahui temannya tersebut dinyatakan positif. Dia langsung menghubungi dokter dan untuk sementara harus dikarantina di rumah," lanjut pernyataan selanjutnya.

Alessandro Favalli

Satu lagi pemain sepak bola yang dilaporkan positif terinfeksi virus corona adalah Alessandro Favalli.
Pemain berkewarganegaraan Italia tersebut berasal dari klub Serie C Regiio Audece.
Dilansir La Gazzetta dello Sport, pengumuman mengenai Alessandro Favalli positif Covid-19 dilakukan oleh klubnya melalui siaran pers.
"Saat ini dalam keadaan sehat di Rumah Sakit Crema dan klub aktif dalam komunikasi yang diperlukan dengan otoritas kesehatan setempat," berikut bunyi pernyataan tersebut.

Manolo Gabbiadini

Satu lagi pemain si kulit bundar dari Liga Seria A, Italia yang dinyatakan positif virus corona.
Manolo Gabbiadini, pemain sekaligus bintang asal klub Sampdoria positif terinfeksi Covid-19.
Dilansir Goal, informasi mengenai positifnya Gabbiadini dikonfirmasi langsung oleh klubnya.
"UC Sampdoria mengumumkan bahwa Manolo Gabbiadini telah dites positif terkena virus corona (COVID-19)," demikian pernyataan sebuah klub.
"Gabbiadini mengalami sedikit demam tetapi dalam kondisi baik-baik saja. Klub ini mengaktifkan semua prosedur isolasi seperti yang ditetapkan oleh pihak berwenang," tulis pernyataan tersebut. 
Baca juga: 10.075 Kasus dan 429 Kematian, Iran Diduga Siapkan Makam Baru untuk Korban Corona

Callum Hudson-Odoi

Pemain asal klub Liga Inggris Chelsea, Callum Hudson-Odoi dinyatakan positif virus corona.
Hal itu sekaligus menjadikan pemain berusia 19 tahun ini menjadi pesepak bola pertama Liga Inggris yang positif corona.
"Pemain Chelsea Callum Hudson-Odoi positif virus corona," demikian pernyataan resmi the Blues dikutip Goal.
Setelah dinyatakan positif, membuat Chelsea menutup fasilitas latihan secara parsial.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta

Manajer Arsenal Mikel Arteta dinyatakan positif mengidap virus corona.
Dikutip BBC, juga sempat mengungkapkan kekecewaannya setelah dinyatakan positif terinfeksi virus corona.
"Ini benar-benar mengecewakan," kata Arteta.
"Saya mengikuti tes setelah merasa tidak enak badan. Aku akan segera kembali ke tempat kerja begitu aku diizinkan," jelas Arteta di situs resmi Arsenal.
Selain itu, staf dan pemain yang pernah melakukan kontak dengan Arteta juga akan diisolasi.
Selain menginfeksi beberapa pemain serta pelatih sepak bola, virus corona juga membuat beberapa gelaran liga sepak bola harus dihentikan.

Liga Premier Inggris

Liga Premier Inggris ditunda hingga 3 April karena wabah virus corona yang semakin meluas.
Keputusan tersebut didapat setelah pertemuan darurat pada Jumat (13/3/2020).
"Tindakan ini, yang akan terus ditinjau terus-menerus, telah diambil karena semakin banyak klub mengambil langkah untuk mengisolasi pemain dan staf mereka karena virus COVID-19." bunyi pernyataan Asosiasi Sepak Bola Inggris dikutip ESPN.
"FA, Liga Premier, EFL dan Liga Super Wanita FA dan Kejuaraan Wanita FA secara kolektif telah sepakat untuk menunda pertandingan profesional di Inggris hingga 3 April 2020."

Liga Spanyol

La Liga secara resmi mengumumkan penangguhan dua pertandingan berikutnya menyusul berita Real Madrid terpaksa mengarantina pemain dan staf karena virus corona.
Beberapa pertandingan sepak bola Spanyol telah terganggu oleh kekhawatiran tentang penyebaran virus.
Dengan pertandingan dijadwal ulang atau dipaksa berlangsung secara tertutup.
"La Liga telah memutuskan mengingat keadaan yang muncul pagi ini, seperti karantina diberlakukan Real Madrid dan kemungkinan kasus positif di klub lain, untuk melanjutkan fase protokol berikutnya aksi melawan Covid-19," bunyi pernyataan dari La Liga.
"Sesuai dengan langkah-langkah yang ditetapkan dalam Dekrit Kerajaan 664/1997 tanggal 12 Mei, telah disepakati bahwa kompetisi akan ditunda untuk dua hari pertandingan berikutnya," lanjut pernyataan tersebut.

Liga Perancis

Pihak berwenang di Perancis telah mengumumkan bahwa semua pertandingan di Ligue 1 dan Ligue 2 akan ditangguhkan tanpa batas waktu di tengah kekhawatiran yang sedang berlangsung tentang virus corona.
Dilansir Goal, Noel Le Graet, presiden Federasi Sepakbola Prancis (FFF), telah mengumumkan pada hari Kamis bahwa semua kegiatan yang berhubungan dengan asosiasinya akan ditunda.

Kompetisi eropa

Semua pertandingan di kompetisi UEFA, termasuk Liga Champions dan Liga Eropa juga terpaksa ditunda sementara.
Mengingat perkembangan penyebaran COVID-19 di Eropa, semua pertandingan kompetisi klub UEFA yang dijadwalkan minggu depan terpaksa ditunda.
Termasuk pula jadwal pertandingan sisa Liga Champions, babak 16 besar pertandingan leg kedua dijadwalkan pada 17 dan 18 Maret 2020.
Selain itu semua pertandingan UEFA Europa League, babak 16 besar Leg ke-2 dijadwalkan pada 19 Maret 2020 dan semua UEFA Youth League, pertandingan perempat final yang dijadwalkan pada 17 dan 18 Maret 2020 juga ditunda.