Dani Alves Akui Sempat Tolak Barcelona dan Juventus

JACKPOT89.INFO - Dani Alves pernah menuliskan kenangan indah di beberapa klub yang ia bela, salah duanya adalah Barcelona dan Juventus.
Bersama Barcelona, Alves sukses meraih banyak gelar yakni enam trofi La Liga, empat trofi Copa del Rey, tiga trofi Liga Champions, serta tiga trofi Piala Super Eropa. Ia juga berhasil membukukan tiga trofi Piala Dunia Antarklub bersama Blaugrana.
Pindah ke Juventus, pendar Alves tak hilang. Meski hanya semusim membela Bianconeri, ia mampu memberikan kenangan indah lewat raihan trofi Serie A dan Coppa Italia. Sayang, bersama Juventus, ia gagal menjuarai Liga Champions.
Kenangan inilah yang jadi pemicu kans kembalinya Alves ke dua klub tersebut pada bursa transfer musim panas kemarin. Apalagi, kontraknya bersama Paris Saint-Germain memang habis per akhir musim 2018/19.
Alih-alih pindah ke dua klub itu, Alves justru memutuskan pulang kampung ke Brasil, membela Sao Paulo. Ia pun menjelaskan alasan lebih memilih bermain di Brasil ketimbang menerima tawaran Barcelona atau Juventus.
"Saya akui, memang sempat ada kemungkinan untuk kembali ke Juventus. Bukan cuma itu, ada kemungkinan lain juga, dan ini yang paling saya inginkan, yaitu kemungkinan saya untuk pulang ke Barcelona," ujar Alves di laman The Players Tribune. dilansir Football Espana.
"Tapi, jika saya mengambil kemungkinan itu, apakah saya akan jadi orang yang lebih baik atau pesepak bola profesional yang lebih baik? Yang saya inginkan, pada dasarnya, adalah peluang untuk tampil di Piala Dunia 2022. Itu tantangan yang ingin saya ambil," lanjutnya.
Lebih lanjut, Alves juga mengungkapkan bahwa baik itu Juventus dan Barcelona, serta klub-klub yang meminati jasanya, tidak bisa menjamin jam terbangnya kelak. Mereka merasa bahwa Alves sudah tua, dan tidak lama lagi akan segera pensiun. Alves menolak anggapan seperti itu.
"Mereka percaya saya sudah kadaluarsa, padahal tanggal kadaluarsa diri saya ditentukan oleh saya sendiri. Jadi, tak ada tawaran yang menggugah hati saya. Hanya Sao Paulo-lah yang percaya kemampuan saya," ujarnya.
Alves kala berkostum Juventus. Foto: Carl Recine/Reuters
Terlepas dari usianya yang sudah memasuki angka 36, Alves masih memiliki kemampuan apik sebagai seorang bek sayap. Bahkan, ia mampu mengantarkan Brasil meraih gelar Copa America 2019. Ia juga sukses menjadi pemain terbaik dan masuk dalam susunan best eleven turnamen tersebut.
Bersama PSG, Alves juga menunjukkan dirinya belum habis. Dua trofi Ligue 1, satu trofi Coupe de France, satu trofi Coupe de la Ligue, dan dua trofi Trophee des Champions menunjukkan bahwa ia masih bisa bersaing di level atas.