4 Perlengkapan Electronic yang Harus Dimatikan untuk Mengirit

jackpot89.info - Di kehidupan setiap hari, banyak alat electronic yang berperanan untuk lengkapi kehidupan manusia. Penggunaan alat electronic ini tentu saja memerlukan energi listrik dan ongkos yang perlu dikeluarkan.

Namun, beberapa orang yang meremehkan penghematan listrik saat piranti electronic ini tidak dipakai.

Dikutip Good Housekeeping, Rabu (30/3/2022), beberapa orang yang kerap meremehkan perlengkapan di dalam rumah yang habiskan energi saat tidak dimatikan.

"Daya waspada (standby) ialah listrik yang dipakai oleh perlengkapan saat dimatikan atau dalam 'mode istirahat'," terang Chris Saunders, ahli energi rumah tangga dan pendiri LoopEnergySaver.com.

Ia menerangkan, sebagian besar perlengkapan electronic akan menarik daya secara terus-terusan terkecuali dimatikan atau dimatikan dari sumber listriknya. Adapun untuk mengirit listrik, matikan lima perlengkapan electronic di dalam rumah ini.


1. TV

Walau produsen TV kekinian sudah tingkatkan efektivitas model standby, Anda akan mengirit energi dengan mematikannya seutuhnya. Bila Anda mempunyai mode yang lebih tua, mematikannya bahkan juga lebih bernilai.

"Saat TV tidak dimatikan dan didiamkan dalam model standby, menjadi satu diantara pemicu khusus pemborosan energi. Bila Anda mempunyai beberapa piranti tv di dalam rumah, ini bisa menambahkan pemborosan secara cepat," ungkapkan Saunders.


2. Computer

"Bila Anda condong biarkan computer Anda tidak bekerja, ingat-ingatlah jika screen saver computer tidak mengirit energi," papar Saunders.

Jika Anda ingin jaga pemakaian energi seminimal kemungkinan, ganti penataan Anda hingga masuk langsung ke model tidur atau lebih bagus kembali, matikan.

Mematikan computer Anda akan membuat bertahan semakin lama, karena periode gunakan computer tergantung pada berapa banyak computer itu dipakai.


3. Handphone, tablet, dan netbook

Bila tidak mempunyai computer di dalam rumah, peluang Anda mempunyai netbook. Dari 2.700 rumah tangga di Inggris dengan piranti computer, 57 % salah satunya mempunyai netbook di tahun 2020 menurut Statista.

Tidaklah heran, bahkan juga lebih beberapa orang mempunyai handphone nyaris 83 % dari semuanya orang dewasa.

Semuanya orang bersalah karena biarkan handphone, tablet, dan netbook masih tetap tersambung, bahkan juga saat mereka telah berisi penuh.

"Biarkan handphone, tablet, atau netbook Anda pada kondisi dipasang dan pada kondisi penuh akan buang energi secara percuma," tutur Saunders.


4. Konsol games

Konsol games kemungkinan tidak dengan tinggi daftar fokus Anda seperti untuk anak-anak Anda, tapi penting untuk dikenang dalam soal penghematan energi.

"Pada kondisi waspada, sebuah konsol games bisa memakai energi yang lumayan banyak, jadi penting untuk menggerakkan anak-anak dan remaja untuk mematikannya selekasnya sesudah usai," ungkapkan Saunders.