Barang Punya Negara yang Diberikan Kementerian PUPR dalam 3 Tahun Sebesar Rp 266.3 Triliun

jackpot89.info - Sepanjang 3 tahun atau masa 2019-2021, Kementerian Tugas Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyerahterimakan Barang Punya Negara (BMN) sejumlah Rp 266,3 triliun.

BMN yang dihibahkan berbentuk infrastruktur jalan, jembatan, waduk, rumah atur (rusun), jaringan irigasi, dan lain-lain.

Di tahun 2019, Kementerian PUPR memberikan hibah sebesar Rp 18,3 triliun, di tahun 2020 sebesar Rp 14,3 triliun, dan di tahun 2021 sebesar Rp 233,7 triliun.

Untuk sekarang ini, Kementerian PUPR sudah menyerahterimakan kembali hibah sejumlah Rp 22,58 triliun ke Kementerian/Instansi (K/L), Pemerintahan Wilayah (Pemda) atau Yayasan, dan Perguruan Tinggi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah menjelaskan, aktivitas itu sebagai sisi dari usaha pemercepatan penyerahan infrastruktur yang sudah dibuat.

"Ini (pembangunan infrastruktur) sudah didanai oleh Bujet Penghasilan dan Berbelanja Negara (APBN) Kita," jelas Zainal dalam sambutannya dalam acara itu, Selasa (29/3/2022).

BMN yang diserahterimakan itu sebagai yang sudah usai dibuat oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga sejumlah Rp 220,65 triliun atau 99,13 %.

Lalu, Ditjen Cipta Kreasi sejumlah Rp 0,85 triliun atau 0,38 %, dan Ditjen Perumahan sejumlah Rp 1,08 triliun atau 0,49 %.

Serah-terima BMN yang sudah dilakukan untuk kelompok pindah peranan pemakaian dikasih ke enam K/L.

Dan kelompok hibah dikasih ke masing-masing tiga untuk Pemerintahan Propinsi (Pemprov), Pemerintahan Kota (Pemerintah kota) dan Yayasan, 18 unit untuk Pemerintahan Kabupaten (Pemkab), dan dua yang lain untuk Kampus.

Untuk BMN yang diserahterimakan oleh Ditjen Bina Marga berbentuk jalan arteri nasional, tanah untuk jalan nasional, dan jembatan menggantung.

Seterusnya, Ditjen Cipta Kreasi menyerahterimakan BMN berbentuk Mekanisme Pengadaan Air Minum (SPAM) dan SPAM Regional, Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah, Pengendalian Sampah, Pengatasan Teritori Kotor, dan Pembangunan dan Pemulihan Prasarana dan Fasilitas Pengajaran, Fasilitas Olahraga, dan Pasar.

Dan untuk bidang perumahan sudah dilaksanakan hibah BMN berbentuk rumah atur (rusun) dan rumah khusus (rusus) ke Pemkab Prisengwu, Pemkab Tulang Bawang Barat, dan Kampus Padjajaran (Unpad).