Gempa Magnitudo 7,3 Guncang Jepang Timur, Ada Kekuatan Tsunami



jackpot89.info - Gempa memiliki kekuatan magnitudo 7,3 mengguncangkan Jepang timur pada Rabu (16/3/2022) malam.

Dikutip AFP, Tubuh Meteorologi Jepang menyebutkan gempa mengguncangkan ibukota Tokyo dan memacu peringatan tsunami untuk bagian-bagian pantai timur laut.

Gempa itu terpusat di laut lepas daerah Fukushima pada kedalaman 60 km, lalu selang beberapa saat terjadi pada jam 11.36 malam (1436 GMT).

Peringatan untuk gelombang tsunami satu mtr. dikeluarkan untuk bagian-bagian pantai.

Penyuplai listrik TEPCO menyebutkan, tidak ada laporan mengenai kerusakan atau cidera, tapi lebih dari 2 juta rumah tangga didiamkan tanpa listrik, terhitung 700.000 di Tokyo.

TEPCO menjelaskan dalam sebuah tweet jika mereka sedang mengecek operasi di pembangkit nuklir Fukushima.

Pembangkit musik ini alami keruntuhan 11 tahun lalu sesudah gempa memiliki kekuatan magnitudo 9,0 dan tsunami menghajar pantai timur pada 11 Maret 2011.

Jepang ada di "Cincin Api" Pasifik, busur kegiatan seismik intensif yang menghampar lewat Asia Tenggara dan melewati cengkungan Pasifik.

Negara ini kerap dirundung gempa dan mempunyai ketentuan konstruksi yang ketat yang ditujukan untuk pastikan bangunan bisa meredam getaran kuat.

Tetapi hal tersebut masih tetap dihantui memory gempa bawah laut 2011 di timur laut Jepang yang memacu tsunami mematikan dan melepas kecelakaan nuklir Fukushima.

Tsunami waktu itu mengakibatkan sekitaran 18.500 orang meninggal atau lenyap.