Kenapa Ada Hewan yang Membunuh dan Makan Anaknya?

jackpot89.info - Sama dengan manusia, induk hewan umumnya akan menjaga bayi-bayi mereka yang baru lahir sampai sanggup cari makanannya sendiri.

Tetapi, beberapa macam hewan bisa membunuh dan memakan anaknya sendiri.

Beberapa periset juga tidak ketahui argumen tentu kenapa ada hewan yang membunuh bayinya sendiri.

Tapi, biasanya dipercaya jika hal tersebut dilaksanakan untuk penuhi keperluan energi dan gizi si induk.

Disamping itu, seperti dikutip dari Science ABC, berikut beberapa tesis berkenaan argumen hewan membunuh dan memakan anaknya:


Untuk memperoleh peluang reproduksi

Pada beberapa spesies hewan, anak-anak dibunuh, umumnya, oleh pejantan hingga mereka mempunyai peluang kembali menjadi ayah untuk bayi baru lewat perkawinan dengan anggota betina dalam kelompoknya.

Ini seperti ini umum dilaksanakan oleh singa jantan. Keberlangsungan hidup anak singa nyaris semuanya tergantung pada satu atau dua jantan dewasa sebagai ayah dari anak-anak singa itu.

Bila singa jantan dewasa (di luar barisan) menaklukkan ayah dari anak-anak singa, dia umumnya selekasnya membunuh anak-anak itu, khususnya yang diasuh oleh singa betina.


Untuk singkirkan keturunan yang tidak cepat dewasa

Tesis lain mengenai kenapa hewan membunuh anak-anaknya ialah jika mereka cuman inginkan bayi yang terkuat untuk hidup dan mewarisi gen yang sehat ke angkatan kedepan.

Pembunuhan selective seperti ini memberi penekanan evolusioner pada hewan-hewan muda untuk berkembang jadi dewasa yang sehat secara cepat.


Untuk hilangkan kompetisi antara bayi mereka

Walau hewan jantan seringkali membunuh anak-anak muda dalam barisan, hewan betina mempunyai karakter membunuh karena beragam argumen.

Misalkan, burung dan lebah yang hidup dalam susunan sosial kerap kelihatan membunuh telur dari sama-sama peternak hingga telur mereka sendiri mempunyai sedikit kompetitor untuk memperoleh sumber daya yang terbatas.