Perang Rusia versus Ukraina: Mengapa China Abstain di PBB, Akan Serang Taiwan ?

jackpot89.info - Beberapa saat saat sebelum Presiden Vladimir Putin umumkan operasi militer di Ukraina timur, Amerika Serikat (AS) menunjuk Moskwa dan Beijing menggalang kemampuan untuk membuat aturan dunia yang "benar-benar tidak liberal".

Kritis Ukraina-Rusia jadi rintangan besar untuk China dari banyak sisi.

Jalinan diplomatik yang makin mesra di antara Rusia dan China bisa disaksikan dari kedatangan Presiden Putin di gelaran Olimpiade Musim Dingin di Beijing. Putin terdaftar sebagai salah satunya dari sedikit pimpinan dunia yang datang.

Penting dicatat, Putin menanti sampai Olimpiade Musim Dingin usai saat sebelum mengaku kemerdekaan dua daerah pemberontak di Ukraina timur dan kerahkan pasukan ke situ.

Untuk konsumsi khalayak, Pemerintahan China menekan ke-2 faksi kurangi eskalasi di Ukraina.

Karena benturan bertambah, bagaimana status sah China yang saat ini?

Pemerintahan China berpendirian tidak dapat terlihat memberikan dukungan perang di Eropa tapi di saat yang juga sama ingin tingkatkan jalinan militer dan vital dengan Moskwa.

Partner dagang paling besar Ukraina ialah China dan Beijing ingin menjaga jalinan baik dengan Kiev tetapi hal tersebut kemungkinan susah dipertahankan karena China bersekutu dekat sama Pemerintahan Rusia yang mengirim pasukan ke daerah Ukraina.

Ada juga resiko China hadapi pukulan di bidang perdagangan dari Eropa Barat bila dipandang memberikan dukungan invasi Rusia.


Peralihan peraturan luar negeri China?

Disamping itu, beberapa pimpinan China mengungkung diri supaya negara tersebut tidak turun tangan dalam permasalahan dalam negeri negara lain dan menginginkan beberapa negara lain tidak menambahi masalah dalam negerinya.

Dalam kicauannya, diplomat terkenal Liu Xiaoming kembali memperjelas jika China tak pernah "menggempur beberapa negara lain atau turut serta dalam perang proksi," sambil menambah China menggenggam loyalitas pada perdamaian.

Tetapi minggu kemarin, pada langkah yang mengagetkan, China abstain dalam pengambilan suara di Dewan Keamanan PBB untuk mencela agresi Rusia ke Ukraina.

REUTERS/DAVID DEE DELGADO lewat BBC INDONESIA Lewat Duta besar untuk PBB Zhang Jun, China pilih abstain dalam pengambilan suara resolusi agresi Rusia ke Ukraina.Beberapa riset awalnya memprediksi Beijing akan ikuti cara Rusia memveto mosi, tetapi bukti jika China tidak lakukan veto dipandang sebagai "kemenangan untuk Barat"--dan jadi kode sikap tidak menambahi masalah dalam negeri negara lain.

Akan tetapi, China jauh dari mencela keadaan yang terjadi. Jubir Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin bahkan juga menampik memakai istilah "agresi" untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan Rusia pada Ukraina.

Laporan-laporan yang belum ditetapkan mengatakan Beijing sebenarnya tahu keadaan sebetulnya dan menyengaja tutup mata.

Berdasar laporan New York Times dengan mencuplik pejabat-pejabat AS yang bernama tidak disebut, sepanjang beberapa bulan paling akhir, AS berulang-kali menekan China untuk turun tangan dan minta Rusia tidak untuk menggempur Ukraina.

Tetapi, laporan itu menambah beberapa petinggi AS itu selanjutnya ketahui jika Beijing memberitahukan Moskwa mengenai info itu dengan menjelaskan AS usaha membuat pemecahan dan jika China tidak usaha menghalangi gagasan Rusia.


Menyamai dengan Taiwan

Untuk Partai Komunis, apa yang paling membuat cemas partai berkuasa di China itu ialah bagaimana sikap rakyatnya dan bagaimana penglihatan mereka pada dunia.

Untuk menangani hal tersebut, Partai Komunis lakukan kecurangan dan mengontrol pembicaraan mengenai keadaan Ukraina baik pada media atau di sosial media.

Selang beberapa saat rumor Taiwan digabungadukkan.

GETTY IMAGES lewat BBC INDONESIA Pimpinan China selalu mengendalikan diri tidak untuk menambahi masalah dalam negeri negara lain.Pulau yang memerintah sendiri itu diberlakukan oleh pemerintahan China sebagai propinsi yang menentang yang perlu digabungkan dengan daerah China.

Di basis Weibo, Twitter versus China, kelompok nasionalis memakai agresi Rusia ke Ukraina untuk mengatakan negara mereka sendiri ikuti cara Rusia. Mereka memberi komentar, "Peluang terbaik untuk ambil kembali Taiwan saat ini!"

Saat Pemerintahan China menampik berlakukan ancaman pada Rusia sepanjang sekian hari paling akhir, negara tersebut memahami peluang akan alami hal sama bila ambil paksakan Taiwan. Perang itu ditegaskan hebat dan biayanya mahal.

Jubir Kementerian Luar Negeri Hua Chunying menjelaskan jika China tak pernah berpandangan ancaman ialah jalan terbaik untuk menuntaskan permasalahan.


Sensor dan kritikan di sosial media

Vladimir Putin menjelaskan dia melepaskan beberapa pengucap bahasa Rusia di daerah Ukraina. Bagaimana dengan etnik Mongolia, Korea, Kirgistan yang saat ini jadi sisi dari China? Yang mempunyai potensi lebih eksplosif untuk Beijing, bagaimana bila Tibetan atau Uyghur kembali kobarkan tuntutan untuk mempunyai otonomi lebih luas atau bahkan juga menuntut kemerdekaan?

Untuk pemerintah Xi Jinping yang jadi fokus utama yaitu memastikan hal tersebut tidak betul-betul terjadi.

Karenanya juga, kita dapat memerhatikan beberapa pernyataan di sosial media China untuk ketahui arah dari media Partai Komunis dalam membawa penilaian warga mengenai cara Putin di Eropa Timur.

Pada Senin (28/2/2022), media massa Beijing Daily yang berafiliasi dengan pemerintahan mengupload ulangi pengakuan Kedutaan Besar Rusia di Beijing. Pengakuan itu mengatakan ke dunia tidak untuk menolong pemerintahan "neo-Nazi" di Kiev.

Di sosial media, komentar mengenai Ukraina dan Rusia disensor dengan ketat.

Berikut sejumlah misalnya:

"Putin mengagumkan!"

"Saya memberikan dukungan Rusia, melawan AS. Itu saja yang ingin saya ucapkan."

"AS selalu ingin membuat kerusuhan di dunia!"

Tetapi pasti sikap kehati-hatian yang ditunjukkkan oleh China.

Negara tersebut mengganti pendekatannya. Sebelumnya Kedubesnya di Kiev merekomendasikan supaya masyarakat negara China mengibarkan bendera negara di kendaraan-kendaraan mereka, menolong keduanya sekalian "memperlihatkan kemampuan China".

Sesudah perang kacau sepanjang sekian hari, pendekatan ini berbeda dengan mereferensikan masyarakat China tidak untuk "secara terbuka mengutarakan identitas atau memperlihatkan simbol-simbol yang bisa dideteksi".

Beberapa faksi memprediksi peralihan ini didorong oleh kekuatiran jika masyarakat China dapat hadapi bahaya saat kabar berita media Partai Komunis yang memberikan dukungan perlakuan Putin sampai ke Ukraina.

Walau begitu, ada banyak kritikus yang pernah sukses sampaikan suara mereka.

Lima akademiki populer China menulis surat terbuka untuk mencela tindakan Rusia, di akhir minggu.

"Ini ialah agresi. Seperti disebutkan peribahasa China: kita tidak dapat menyamai rusa dengan kuda," kata sejarawan Xu Guoqi, berdasar laporan Reuters.

Cuman beberapa saat sesudah diupload, surat itu dihapus oleh penyensor internet.

Susah menghitung dengan cara tepat seberapa banyak warga China yang mengatakan perdamaian, saat kita tidak paham seberapa banyak upload yang disensor--dan seberapa banyak upload mencemooh AS yang dipropagandakan.

Seorang pemakai sosial media menulis: "Saya tidak pahami kenapa demikian beberapa orang memberikan dukungan Rusia dan Putin. Apa agresi dipandang adil? Kita semestinya melawan semua wujud perang!"

Adapun pemakai yang lain memberi komentar: "Putin mengaku kemerdekaan daerah pemberontak Ukraina, yang pasti menambahi masalah dalam negeri negara lain."

Beijing terang tidak menginginkan masyarakatnya menarik ringkasan sama seperti yang tertera dalam upload yang paling akhir itu.