Rudal Rusia Hajar Kharkiv, 10 Orang Meninggal, Gedung Pemerintahan Hancur


KHARKIV - Penembakan rudal Rusia di kota paling besar ke-2 di Ukraina, Kharkiv, tewaskan minimal 10 orang dan mencederai lebih banyak pada Selasa (1/3/2022).

Hal itu disebutkan Service Genting Regional Kharkiv.

Rusia dijumpai sudah lakukan gempuran yang menarget alun-alun pusat dan gedung pemerintah khusus di Kharkiv.

"Minimal 10 orang meninggal dan lebih dari 20 cedera," ungkapkan Service Genting Regional Kharkiv dalam sebuah pengakuan, diambil dari AFP.

Dalam pada itu, minimal 10 orang diketemukan hidup di bawah puing-puing bangunan saat petugas penyelamat bersihkan beberapa puing.

Service Genting Regional Kharkiv menambah jika tangga dan koridor gedung pemerintah khusus di alun-alun pusat remuk keseluruhan.

Service jurnalis Service Genting Negara Ukraina/Handout lewat REUTERS Kemunculan tempat di dekat gedung pemerintah regional yang terserang rudal menurut petinggi kota, di Kharkiv, Ukraina, Jumat (1/3/2022).

Video yang di-launching oleh Service Genting memperlihatkan karyawan penyelamat bawa orang yang cedera dari gedung dengan tandu dan lantai gedung disanggupi batu bata, dengan sinar alami mengucur dari atap yang hancur.

Awalnya, Kepala Pemerintahana Regional Kharkiv, Oleg Synegubov, umumkan pada Selasa, jika gempuran rudal Rusia sudah menghajar pusat Kota Kharkiv.

Menurutnya, gempuran rudal Rusia itu terhitung berkenaan wilayah permukiman dan gedung pemerintah regional.

Gempuran ini terjadi saat Rusia mengawali hari ke enam agresi ke Ukraina.

Diambil dari Reuters, Synegubov menjelaskan Rusia mengeluarkan GRAD (mekanisme roket) dan rudal jelajahi di Kharkiv, tapi kota masih bertahan.

"Gempuran seperti itu ialah genosida rakyat Ukraina, kejahatan perang pada warga sipil!" ungkapkan ia.

REUTERS/Vyacheslav Madiyevskyy Kemunculan tempat di dekat gedung pemda, yang menurut petinggi kota terserang gempuran rudal, di pusat Kharkiv, Ukraina, Selasa (1/3/2022).

Kenakan jaket antipeluru dan helm, Synegubov menjelaskan dalam sebuah video yang diupload di sosial media pada Selasa pagi waktu di tempat, jika terlampau awal untuk ketahui jumlah korban karena gempuran Rusia itu.

Ia membagi video yang memperlihatkan gedung pemerintah regional Kharkiv terserang rudal dan meletus.

Kharkiv sendiri sebagai kota yang mayoritas warganya berbahasa Rusia. Kharkiv ada di dekat tepian Rusia.

Kota ini dijumpai mempunyai komunitas sekitaran 1,empat juta.