Baca 6 Panduan Mudik Aman dan Nyaman Memakai Mobil Individu

jackpot89.info - Mobil individu menjadi satu diantara opsi transportasi yang sering dipakai saat mudik Lebaran.

Berdasar hasil survey Balitbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah pemudik yang memakai mobil individu di mudik Lebaran 2022 ini dapat capai 23 juta orang.

Memakai mobil individu untuk mudik Lebaran diperlukan penyiapan yang bagus. Ini ditujukan supaya perjalanan mudik Lebaran dapat aman, nyaman, dan selamat sampai kota arah.

Karena berdasar catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sejumlah 82 % kecelakaan sejauh 2021 di jalan tol muncul karena factor sopir. Banyaknya cukup berarti, capai 1.345 peristiwa.

Karena itu wajib untuk lakukan penyiapan sebelum mudik naik mobil individu, baik itu tehnis atau non-teknis. Berikut ialah panduan mudik nyaman dan aman dengan mobil individu.

Saat sebelum memakai mobil individu untuk mudik Lebaran, check persiapan mobil Anda apa lumayan baik untuk tempuh perjalanan jauh.

Menurut Pelatihan Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, ada lima faktor mobil yang perlu dilihat, mencakup lampu, ban, suspensi, dan cairan pada mesin seperti oli, air radiator, air accu, minyak rem, dan yang lain.

Seterusnya, pemudik perlu memeriksa feature keamanan pada mobil masing-masing berperan secara baik. Feature keamanan pada mobil itu diantaranya, air bag, alat pendeteksi titik buta (blind spot detector), sabuk pengaman (seat belt), dan yang lain.

Agenda perjalanan berperan untuk membikin perjalanan mudik Anda lebih teratur. Agenda perjalanan dapat mencakup gagasan titik penghentian untuk istirahat sepanjang perjalanan.

Sony merekomendasikan, gagasan perjalanan ini dibikin bersama dengan bagian keluarga yang lain yang ikut serta pada mudik lebaran. "Mengatur agenda perjalanan dan ikutsertakan penumpang untuk menghindar perselisihan," katanya ke Kompas.com (20/04/2022).

Kecapekan jadi aspek terpenting pemicu kecelakaan saat mudik Lebaran. Karenanya, jangan memaksa diri masih tetap berkendara saat rasa capek tiba.

"Istirahat yang berkualitas sekitaran 10 (menit) sampai 30 menit. Kerjakan penyegaran pada otot, otak, dan syaraf," papar Soni.

Tentukan lokasi istirahat yang nyaman dan tidak mengusik pemudik yang lain, seperti pada rest tempat. Oleh karenanya, penting untuk berencana perjalanan pada awal saat sebelum mudik terhitung tentukan lokasi istirahat.

Upayakan untuk istirahat atau tidur singkat sesudah berkendaraan 2-4 jam. Ingat, keselamatan harus diprioritaskan.

Muatan berlebihan dapat mengusik kenyamanan perjalanan mudik Anda. Disamping itu, dari sisi keamanan, bawa barang sampai melewati muatan kendaraan beresiko untuk keamanan berkendaraan.

Sony mengingati pemudik yang memakai mobil untuk selalu menghindar bawa barang bawaan terlalu berlebih.

"Untuk barang membawa yang sekedarnya saja, barang bawaan terlalu berlebih membuat muatan tidak efisien," ucapnya.

Jika ada beberapa barang yang karakternya penting tetapi susah untuk dibawa dengan mobil, dianjurkan untuk mengirimkan lebih dulu dengan ekspedisi ke arah tempat arah mudik Anda.

Walau sekarang ini telah ada Google Maps atau program jalur perjalanan yang lain, lebih bagus untuk pelajari jalur perjalanan mudik Anda lebih dulu.

Ini mempunyai tujuan supaya perjalanan mudik Lebaran Anda semakin nyaman. Jalur yang penting ditempuh mencakup lajur yang hendak dilewati, keadaan jalan, lokasi istirahat (rest tempat), sampai letak posko kesehatan paling dekat.

Disamping itu, ketahui jalur-jalur riskan macet yang akan Anda lalui. Pemudik dapat manfaatkan kontribusi feature peta digital pada gawai.

Triknya, tandai beberapa titik lokasi yang diperlukan hingga gampang untuk dijangkau bila setiap saat diperlukan.

Saat berkendaraan dengan mobil individu, pakai langkah berkendaraan yang betul. Salah satunya masih tetap jaga jarak aman dengan kendaraan di muka.

Dalam masalah ini, Sony menjelaskan pemudik memerlukan fisik badan sempurna hingga dapat jaga konsentrasi. Dianjurkan untuk selalu mengatur emosi dalam menanggapi keadaan jalan raya, khususnya saat hadapi macet.

Supaya bisa mengatur emosi, karena itu pemudik dianjurkan istirahat lebih dulu saat berasa capek atau mengantuk.

"Menjaga jarak, kecepatan, dan emosi untuk menanggapi keadaan jalan raya nanti," katanya.

Selainnya menjaga jarak, kenali langkah mendahului yang betul. Walaupun berkesan remeh, tetapi mendahului kendaraan di jalan tol jangan asal-asalan. Berikut langkah mendahului di jalan Tol yang betul:

Itu lah panduan mudik dengan mobil individu supaya masih tetap nyaman dan aman. Masih tetap waspada di jalan supaya selamat sampai tujuan.