Kumpulan Info Keliru Tentang Piala Oscar 2022



jackpot89.info - Info salah sekitar acara Piala Oscar atau Academy Awards ke-94 yang diadakan pada Minggu (27/3/2022) di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Pembicaraan mengenai Piala Oscar 2022 makin muncul saat terjadi kejadian di mana artis Will Smith menampar pelawak Chris Rock di atas pentas, pas sesudah Rock membuat gurauan mengenai kebotakan istrinya, Jada Pinkett Smith.

Nama Will Smith, Jada, dan Oscars menunduduki jejeran viral di Twitter pada Senin (28/3/2022).

Get Day Trends menulis ada 3,enam juta ciutan mengenai Will Smith, 912,3 ciutan mengenai Jada, dan 4,lima juta mengenai Oscar dalam waktu satu jam.

Dari jumlahnya info di sosial media, pasti ada kesalahan bahkan juga disinformasi yang tersebar.

Berikut contoh tebaran info salah itu, dan hasil pencarian kenyataannya:


Chris Rock disebutkan menggunakan perlindungan saat sebelum ditampar

Tersebar photo yang tampilkan Chris Rock menggunakan susunan warna cokelat di pipi kanannya. Terlihat susunan itu kontras dengan warna kulit Rock.

Akun-akun di sosial media menebar claim jika dipotret itu, Rock menggunakan bantalan perlindungan saat sebelum ditampar oleh Will Smith.

Sesudah dijelajahi, rupanya photo yang tersebar di sosial media itu sebagai hasil ubah.

Photo aslinya datang dari Reuters yang diupload pada Senin (28/3/2022). Photo itu hasil bidikan photografer Brian Snyder.

Dalam photo aslinya memang terlihat pipi Rock warna cokelat ceria bila dibandingkan dengan sisi janggut dan dagunya.

Ini karena Rock mempunyai janggut tipis saat tiba pada acara Academy Awards ke-94.

Namun, di hasil ubah itu terlihat di pipi kanan Rock ada susunan mencolok dan kontras, berlainan dengan photo aslinya.

Tebaran ini sebagai content yang diakali hingga mempunyai potensi menyimpang.

Untuk menyaksikan hasil pencarian dan perbedaan yang lebih terang, baca di sini.


Miskonsepsi gurauan Will Smith mengenai orang botak

Di tengah-tengah pembicaraan mengenai gurauan Chris Rock yang dipandang tidak patut, tersebar video usang Will Smith sedang membuat gurauan mengenai orang botak.

Video usang itu tampilkan interviu dengan Will Smith pada suatu acara. Tetapi cerita di sosial media menyebutkan jika ia membuat gurauan mengenai orang yang menderita alopecia.

Saat dijelajahi, kutipan video itu sebagai video lama yang dari acara "The Arsenio Hall Show" yang tampil pada Februari 1991.

Robyn Beck/AFP Will Smith saat terima Piala Oscar sebagai Artis Aktor Khusus Pria Terbaik

Saat terlibat perbincangan dengan Arsenio Hall, memang benar jika Smith membuat gurauan mengenai seorang pemain bass pada acara itu yang namanya John B Williams.

Walau betul Will Smith membuat gurauan mengenai wax kepala Williams, tapi tidak terdapat bukti jika Williams menderita alopecia.

Williams sendiri mengonfirmasi jika ia mulai cukur kepalanya karena struktur rambutnya berbeda sesudah dirawat karena terserang campak. Tetapi itu ialah masa lampau dan Williams sendiri tidak mempersoalkannya.

Williams tidak berasa tersinggung. Kebalikannya, ia bersimpati pada Smith atas kejadian yang terjadi di Oscar 2022.

Video lama itu menyengaja ditebarkan ulangi untuk mengundang perhatian dan seakan membuat perlakuan Smith seakan bertolak-belakang.


Hoax kerontokan rambut Jada Pinkett Smith karena kanker

Tersebar info di sosial media mengenai kerontokan rambut Jada Pinkett Smith yang di-claim karena kanker.

Claim itu hoax.

Kenyataannya, Jada tidak menanggung derita kanker. Kerontokan rambutnya karena alopecia tempatta, penyakit autoimun yang mengakibatkan kerontokan rambut.

Ini ialah penyakit di mana sel darah putih serang beberapa sel di folikel rambut, membuat rambut berkurang dan perlambat produksi rambut.

Pada Desember 2021, Jada menguggah sebuah video memiliki durasi 40 detik di account Instagram-nya mengenai argumen performa botaknya.

Jada dijumpai menggunduli rambutnya selesai didiagnosa menderita alopecia tempatta semenjak 2018 kemarin.

Saksikan pencarian bukti secara lengkap di sini.


Claim mengenai Oscar yang tidak sediakan CC

Closed caption (CC) atau text tertutup sebagai text yang meliputi bukan hanya pembicaraan, tapi juga deskripsi bunyi dan faktor audio yang lain yang mempermudah barisan minoritas pahami jalannya sebuah program tayangan.

Tersebar cerita yang menyebutkan jika Academy Awards atau Piala Oscar baru sediakan CC pada 2021.

Cerita itu mengikutkan tangkapan monitor dan video Jane Fonda yang sampaikan pidato dalam bahasa kode.

Dijumpai Jane Fonda memang sampaikan pidato dibarengi bahasa sandi saat raih penghargaan artis terbaik untuk peranannya dalam film "Coming Home" di Academy Awards ke-51, pada 1979.

Tetapi, claim berkenaan Oscar yang baru sediakan CC pada 2021 ialah salah.

Tidak betul jika Oscar baru memakai CC pada 2021, karena program ini telah sediakan CC beberapa puluh tahun awalnya.

Academy Awards sebetulnya ialah program pertama di Amerika Serikat (AS) yang memakai text tertutup sepanjang tayangan live semenjak 1982.

Sementara, untuk tayangan tidak langsung, tehnologi yang memungkinkannya sebuah program sediakan CC, telah dilaksanakan semenjak 1980 di sejumlah program tv AS.