Suka Minum Kopi Saat Membuka Puasa? Ini Anjuran dari Barista



jackpot89.info - Bukan sekedar pola hidup, konsumsi kopi menjadi keperluan untuk sebagian orang.

Oleh karenanya, tidaklah aneh jika kopi telah terbiasa jadi konsumsi harian oleh beberapa orang, terhitung sepanjang bulan puasa.

Sayang, karakter kopi berlainan sama air putih yang aman dimakan kapan pun, tidak kecuali saat berbuka puasa.

Robby Firlian, Profesional Barista and Coffee Enthusiast, membagi panduan minum kopi saat berbuka puasa supaya aman untuk badan.

"Umumnya sepanjang bulan puasa itu kita membuka dahulu sama yang manis-manis, baru minum kopi," kata Robby pada acara virtual penyeluncuran Omela Foaming Milk Profesional, Rabu (13/4/2022).

Dia meneruskan, ada dua tipe kopi yang biasa diketemukan, yaitu white coffee dan black coffee. Menurut dia, kopi yang aman dimakan saat berbuka puasa ialah white coffee.

Salah satunya produsen biji kopi ekselsa di Indonesia berada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

"Jika untuk kopi cocok berbuka puasa itu kita harus mencari yang tipe white coffee dahulu, yang tidak begitu strong," kata Robby.

Diambil dari Wise Geek, white coffee umumnya dibikin dari biji kopi putih yang tidak dipanggang, tetapi dipanaskan dengan temperatur rendah dalam waktu yang lama.

Warna akhir biji kopi selanjutnya jadi pucat dan kecoklat-coklatan. Rasanya juga tidak begitu pahit.

Disamping itu, white coffee biasa dibikin memakai kombinasi susu atau cream hingga berwarna tidak demikian pekat, seperti latte dan cappuccino.

Roby menjelaskan, tidak jadi masalah untuk minum kopi hitam atau black coffee jika sudah konsumsi tipe white coffee,

Diambil dari Healthline, black coffee datang dari biji kopi yang disangrai, digiling, dan dipendam untuk kurangi kandungan kafeinnya.

Black coffee pas digabung berbahan yang lain, seperti gula, susu, dan creamer.