Bill Gates Ingatkan Peluang Ada Wabah Lain, Lebih Jelek dari Covid-19

jackpot89.info - Pendiri dan filantropis Microsoft Bill Gates mengingatkan jika semakin banyak investasi akan dibutuhkan untuk menahan berlangsungnya wabah di masa datang.

Ia bahkan juga menjelaskan peluang wabah terjelek belum ada.

Gates, dikutip The Hill, mencuplik Financial Times, mengatakan kekuatiran mengenai masa datang wabah Covid-19, walau limitasi dilonggarkan di penjuru dunia.

"Permodalan WHO sekarang ini benar-benar tidak serius mengenai wabah," ucapnya.

"Kami percaya masih adarisiko wabah ini hasilkan variasi yang hendak lebih menyebar serta lebih fatal."

"Itu mustahil, saya tidak mau jadi suara musibah dan kesuraman, tapi resikonya jauh di atas 5 % jika dalam wabah ini, kita bahkan juga belum menyaksikan yang terjelek," sambungnya.

Gates sudah menyarankan respon pandemi global dan ide pengerahan, yang ucapnya harus digerakkan WHO.

"Jumlahnya uang yang turut serta benar-benar kecil dibanding dengan faedahnya dan itu bisa menjadi ujian," katanya.

"Bisakah lembaga global ambil tanggung-jawab baru secara baik sekali, bahkan juga dalam waktu periode di mana jalinan AS-China susah, AS-Rusia juga susah?" sambungnya.

Gates pertama kalinya mengingatkan jika dunia belum siap hadapi wabah di tahun 2015, jauh saat sebelum pandemi Covid-19.

Semenjak awalnya wabah, AS sudah alami lebih dari 80 juta infeksi Covid-19 dan lebih dari 993.000 kematian, menurut Pusat Sumber Daya Virus Corona Johns Hopkins.

Sementara tingkat kasus turun dari paling tinggi yang kelihatan pada pucuk kenaikan omicron, beberapa pakar sudah menggaungkan sentimen Gates dan mengingatkan kenaikan lain dalam infeksi.