Media Prancis Terbitkan Kartun Islamofobia terkait Timnas Qatar Piala Dunia 2022

 


JACKPOT89.INFO - Piala dunia 2022 akan dimulai di negara Qatar, banyak timnas dari berbagai negara mendatangi Qatar untuk mengikuti pertandingan piala dunia 2022. Namun berita tak sedap terdengar dari salah satu media prancis “Le Canard Enchane” Mereka menayangkan sebuah kartun bertemakan islamofobia yang tergolong sangat rasisme karena dalam kartun tersebut terlihat jelas dalam ilustrasi tokohnya menggunakan anggota timnas Qatar. Walaupun kartun tersebut ditayangkan oktober lalu, tapi tetap saja akan selalu membekas dalam jejak digital hingga terkuak menjelang piala dunia 2022. Mereka menunjukkan dengan jelas gambar berlatar belakang padang pasir, kemudian terlihat personil Qatar berjumlah 7 orang menggunakan pakaian berwarna biru dan hitam dengan nomor punggung dan tulisan kata “Qatar” serta membawa senjata tajam, senjata api, bom peledak yang melekat pada tubuh salah satu personil timnas Qatar lalu mereka terlihat sedang sibuk menggiring bola. Bahkan, dalam ilustrasi gambar tersebut terlihat jelas ada beberapa pejabat Qatar menyaksikan hal ini dengan santai di pinggir lapangan padang pasir. Hal ini, sedikit menyita perhatian netizen dan pejabat Qatar langsung. Oleh sebab itu, banyak Netizen berpendapat bahwa prancis secara terang-terang’an menunjukkan sikap ketidak senangannya terhadap Qatar yang sangat rasisme yang dikenal dengan sebutan Islamofobia yang cukup dominan di negara Prancis.

Pejabat Qatar mengutus salah satu menteri negaranya dan Presiden Perpustakaan Nasional Qatar “Hamad Al-Kawari” Untuk menanggapi kartun islamofobia tersebut. Sebab, hal ini dianggap Qatar sangat tidak pantas dan menunjukkan Prancis tidak memiliki sikap sportivitas. Al-Kawari langsung menyampaikan hal ini dalam akun twitternya @alkawari4unesco dengan mengkutip “Media Prancis Canard Enchane sengaja menyerang Qatar menggunakan Piala Dunia 2022 untuk menebarkan kebohongan, kebencian dan dendam.”

Hal ini berawal dari keberanian Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani yang cukup mengecam sangat keras segala bentuk kritik yang menyerang Qatar, sebelum piala dunia 2022. Sebab, semua kritik yang bermunculan dalam publik tak sesuai dengan realita yang terjadi dan tak berlandaskan alasan yang cukup kuat, hanyalah hoax semata. Pasti kalian sudah tahukan? Desas-desus dari cukup banyak kriktik yang tak berlandaskan realita ini? Sebenarnya ada beberapa pihak, ingin mengajak negara lain untuk memboikot Piala Dunia 2022 di Negara Qatar. Salah satunya Prancis! Bahkan, mereka tidak akan menayangkan sama sekali pertandingan Piala Dunia 2022 di beberapa wilayah Prancis, salah satu yang pasti Ibu Kota Paris teman-teman.

Piala Dunia 2022 akan dimulai, tapi media prancis terbitkan kartun islamofobia menggunakan personil timnas Qatar? Kenapa?