Jual Beberapa ribu Jeans Di dalam 15 Menit, RUCAS.Co Kembali Sikat Rekor MURI



Jakarta - Industri fesyen Indonesia memang makin mengalami perkembangan. Ini kelihatan dari jumlahnya merek lokal yang semakin maju dengan beberapa produk fesyen favoritnya.

RUCAS.CO, menjadi satu diantara merek fesyen lokal yang sering mendapatkan penghargaan Rekor MURI atas penjualannya. Selesai mencatat rekor pada Juli 2020 karena pemasaran beberapa ribu jeans paling cepat dalam kurun waktu 1 jam, tahun ini RUCAS kembali mendapatkan rekor dengan pemasaran beberapa ribu jeans dalam kurun waktu 15 menit!

"Awalannya itu kita sudah pernah dapat Rekor MURI pada tahun 2010, dan kita sasarannya dirilis yang saat ini itu ingin ngalahin rekor sendiri dan puji Tuhan kesampaian. Ada beberapa ribu sich yang terjual, hanya jika jumlah tentunya kita belum mengetahui, hanya semakin banyak dari mulanya," tutur Founder RUCAS, Rubin Castor Muhardi.

Selanjutnya, dia menjelaskan kesuksesan merek kepunyaannya tidak lepas dari usaha keras team dan beberapa konsumen setia RUCAS. Apa lagi dahulunya RUCAS cuman bermula dari produk yang dia produksi sendiri.

"Jadi awalannya itu dari individu kan saya owner dan founder RUCAS, awalannya itu saya kesulitan mencari celana jeans yang bawahnya kecil dan cocok di tubuh saya. Nach karena sulit, jadi aku bikin sendiri," tuturnya.

Walau awalannya cuman dibuat untuk keperluan individu, Rubin selanjutnya menyaksikan ada kekuatan dari produk kepunyaannya. Ditambah jeans bikinannya dicintai oleh beberapa temannya. Oleh karenanya, dia pada akhirnya coba membangun merek RUCAS dan jual jeans lewat cara online lewat Instagram pada tahun 2019.

"Awalannya untuk buat digunakan sendiri, tetapi semakin lama kawan-kawan cocok saya gunakan simak dan tanya itu celana apa. Saya ngomong buat sendiri, terus mereka ngomong bagus. Nach, disana pikirkan mengapa tidak coba saya jual getho," ucapnya.

"Untuk pemasaran awalannya online langsung cocok pertama kalinya jual. Awalannya cocok tahun 2019, langsung jual di sosial media Instagram. Dahulu awalannya jeans, saat ini ada jaket, baju, flannel sudah memasuki ke lainnya," sambungnya.

Walau sekarang ini sudah banyak merek fesyen yang lain jual jeans, Rubin akui RUCAS mempunyai keunggulan tertentu, yang membuat produknya semakin laku di pasar. Satu diantaranya RUCAS konsentrasi menghasilkan mode apparel dengan visi membuat baju dengan kualitas terbaik dan design terbaru.

"Kami jual baju, celana denim, jaket denim. Tetapi, yang membandingkan kami dari lainnya ialah kualitas," bebernya.

Selain itu, RUCAS pun tidak menghasilkan ulangi barang yang sudah diluncurkannya. Perihal ini pula yang jadikan merek punya Rubin ditunggu warga dan mempunyai harga yang melebihi retail karena produk yang limited edition.

Menariknya kembali, RUCAS sering melaunching beberapa kerjasama terbatas yang selalu disukai warga. Seperti kerjasama produk jeans bersama Youtuber Bimo Putra Dwitya dan team e-sport BIGETRON. Adapun semua produk yang RUCAS pasarkan selalu habis terjual pada hari peluncurannya.

Selainnya usaha keras beberapa team, Rubin akui kesuksesannya ini tidak terlepas dari penyesuaian RUCAS pada tehnologi dan digitalisasi. Rubin bercerita ketika web punya RUCAS mempunyai masalah, dianya pada akhirnya memilih untuk manfaatkan marketplace di Tokopedia.

"Pertama kali berjualan di marketplace itu pada tahun 2020, kita pakai marketplace karena web kami itu selalu down. Terus kita kerja-sama dengan marketplace yang dapat sediakan marketplace yang semakin kuat," bebernya.

Tidak cuman memudahkan penjualannya, RUCAS juga tertolong karena ada beragam feature yang dijajakan Tokopedia. Bahkan juga, setiap penyeluncuran produknya, RUCAS selalu manfaatkan feature Peluncuran Special di Tokopedia. Ini terhitung pemakaian countdown timer saat sebelum peluncuran untuk tingkatkan ketertarikan konsumen pada produk eksklusifnya.

"Jika imbas kenaikan omset belum terlampau berarti, tetapi kita di-support banyak sama Tokopedia. Lebih persisnya, apa saja yang kita butuhin, kita bercakap sama Tokopedia. Kita discuss, terus mereka biasa dukungan kita cocok ingin rilis, dimulai dari server, promo, banyak dech, koordinir juga. Kita kan diberi PI sendiri ya, jadi memberikan keuntungan sekali sich jika gunakan marketplace. Menolong sekali," paparnya.

Walau sudah berkali-kali cetak Rekor MURI, Rubin akui prestasi itu bukan akhir. Di depan, dia akan bereksperimen membuat beragam produk fesyen yang lain dan bekerjasama dengan beberapa aktris atau influencer lain.

"Tentu kita ingin memasuki ke lainnya , tidak hanya celana, baju, dan jaket. Tentu saja kita sudah hire sebagian orang baru untuk tingkatkan design dan kualitas kita ," ujarnya.