Persyaratan Vaksin Sinovac, Vaksin COVID-19 yang Digunakan untuk Anak 6-11 Tahun

Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mulai jalankan program vaksinasi COVID-19 untuk anak umur 6-11 tahun mulai Selasa (14/12/2021). Vaksin COVID-19 yang hendak dipakai ialah vaksin Sinovac.

Plt Direktur Jenderal Penangkalan dan Pengaturan Penyakit (P2P), Kemenkes RI, dr Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan bakal ada 11 propinsi yang jalankan program itu. Propinsi yang diputuskan adalah propinsi dengan lingkup vaksinasi komplet 70 % dan lanjut usia 40 %.

Berikut detilnya:

  1. Banten

  2. DI Yogyakarta

  3. DKI Jakarta

  4. Jawa Barat

  5. Jawa tengah

  6. Jawa Timur

  7. Kalimantan Timur

  8. Kepulauan Riau

  9. Nusa Tenggara Barat

  10. Sulawesi Utara

  11. Bali

"Kami harap hari Selasa (14/12) telah dilaksanakan kick off di sejumlah wilayah yang hendak kami tentukan dan seterusnya itu dengan bertahap sampai tahun depannya akan kita kerjakan vaksinasi semua anak umur 6 sampai 11 tahun," katanya pada Minggu (12/12/2021), diambil dari situs Kemenkes RI.

Vaksin Sinovac diputuskan untuk anak umur 6-11 tahun karena telah mendapatkan ijin pemakaian genting dari Tubuh Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca kembali persyaratan vaksin Sinovac sama sesuai referensi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI):


1. Umur enam tahun ke atas

Anak-anak yang bisa divaksin harus berumur enam tahun ke atas. Anak-anak akan diberi jumlah yang telah disamakan sekitar 0,5 mililiter yang mengandung 0,3 mikrogram.

Jumlah itu lebih rendah dibanding sama yang diberi untuk remaja dan orang dewasa.


2. Keadaan anak sehat

Persyaratan vaksin Sinovac yang perlu dipenuhi dengan anak selanjutnya ialah masalah keadaan kesehatan. Anak harus pada keadaan sehat atau mempunyai keadaan kesehatan yang teratasi.

Anak yang demam, mempunyai komorbid, atau sedang jalani therapy untuk penyakit yang lain tidak dianjurkan vaksinasi.


3. Sekitar 1 bulan dari imunisasi yang lain

Untuk anak umur 6-11 tahun yang belum mendapatkan vaksin dasar, seperti DTP, MR/MMR, Tifoid, HPV, dan sebagainya karena itu harus ada interval saat sebelum diberi vaksin COVID-19. IDAI mereferensikan interval 1 bulan.


4. Jeda jumlah 28 hari atau empat minggu

Pada anak-anak jeda atau interval pemberian jumlah vaksin Sinovac yang direferensikan ialah 28 hari atau empat minggu. Maksudnya untuk mendapatkan efektifitas tanggapan imun yang tinggi dan bisa dibuktikan aman.