Tim nasional Indonesia Temui Thailand Hari Ini, Shin Tae-yong: Psikis Harus Kuat

jackpot89.info, Jakarta - Pelatih Tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengutamakan keutamaan mempunyai psikis yang kuat saat hadapi pertandingan final Piala AFF 2020 melawan Thailand. Pertandingan pertama set final akan berjalan di Stadion Nasional, Singapura, Rabu malam, 29 Desember 2021.

"Kami harus masuk ke lapangan dengan psikis yang kuat. Saya selalu mengutamakan ini ke pemain bahkan juga semenjak awalnya kompetisi," kata Shin Tae-yong dalam pertemuan jurnalis virtual saat sebelum laga, Selasa.

Menurut juru strategi asal Korea Selatan itu, mempunyai benteng yang kuat secara psikis bisa membuat perlindungan pemain dari penekanan yang tiba terjang.

Indonesia, yang belum pernah juara Piala AFF walau 5 kali tembus final, diharap bisa memberi gelar jawara Piala AFF pertama sejauh riwayat di tahun ini.

Euforia warga demikian berasa baik di dunia riil atau maya. Hal itu bisa memengaruhi perform Witan Sulaeman dan teman-teman.

Sebagai pelatih eksper, Shin Tae-yong mengetahui benar ini. Pelatih tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu juga coba memberi ketenangan dengan jam terbang yang ia punyai.

"Sebagai pemain dan pelatih, saya telah raih lebih dari 20 titel juara . Maka saya memiliki pengalaman untuk laga semacam ini. Saya ingin juara, tapi titel juara tidak dapat diraih karena hanya ingin. Harus ada usaha keras. Kami akan membuat taktik dan berusaha untuk jadi yang terbaik di kompetisi," kata Shin menambah.

Pemain striker tengah timnas Indonesia Egy Maulana Vikri setuju dengan pelatihnya jika psikis dapat tentukan hasil final.

Egy juga memberikan keyakinan warga Indonesia jika ia dan beberapa rekannya siap untuk berperang sampai titik darah penghabisan.

"Seluruh pemain mempunyai psikis yang kuat dan terpacu. Kami tidak merasa terhimpit. Kami sudah siap dan benar-benar bergarap jadi juara ini kali," kata pemain yang merumput di club Liga Slovakia, FK Senica itu.

Tim nasional Indonesia akan hadapi Thailand pada partai final Piala AFF 2020 yang berjalan dalam dua leg dan semua diadakan di Stadion Nasional, Singapura.

Putaran pertama diadakan 29 Desember dan putaran kedua pada 1 Januari 2022, ke-2 nya start pukul 19.30 WIB atau 20.30 waktu di tempat.

Tatap muka Indonesia dengan Thailand di final Piala AFF 2020 sebagai ulangan final Piala AFF 2000, 2002 dan 2016 yang semua dimenangkan Thailand.

Untuk tim "Garuda", itu jadi final ke enam sejauh kesertaan di Piala AFF sebelumnya setelah mencatat perolehan sama di tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016. Tim nasional Indonesia selalu tidak berhasil raih titel juara.