Buat Pemula yang Menyopir di Jalan Tol, Tolong Lihat Hal Ini



jackpot89.info - Berkendaraan di jalan tol menjadi satu diantara rintangan yang lumayan besar untuk sopir pemula. Lain dengan berkendaraan di jalan raya, kendaraan di jalan tol meluncur pada kecepatan di atas rerata.

Di jalan tol, penting untuk sopir untuk selalu jaga kecepatan supaya masih tetap konstan namun tetap awas dengan kondisi sekitaran, dan selalu siap untuk kurangi kecepatan bila ada kendaraan yang melamban di depannya.

Marcell Kurniawan, Pelatihan Director The Real Driving Center (RDC) menjelaskan beberapa panduan berkendaraan di jalan tol buat sopir pemula.

"Tidak boleh over-thinking, tetapi selalu berusaha untuk meminimalkan resiko di jalan," kata Marcell pada Kompas.com (7/1/2022).

Dia menerangkan, sopir harus berkendaraan pada kondisi psikis yang positif atau baik dan emosi yang konstan.

Selanjutnya, sopir harus jaga supaya tidak begitu kuatir saat berkendaraan. Kekhawatiran berlebihan bisa memacu rasa cemas, dan dapat berpengaruh ke beberapa hal seperti rem tiba-tiba atau salah mencapai pedal.

Ini dapat beresiko di jalan tol, karena kendaraan meluncur pada kecepatan konstan dan condong cepat, berlainan dengan kendaraan di jalan raya.

Seterusnya, Marcell menjelaskan jika sopir perlu ketahui dan mematuhi tiap ketentuan yang berada di jalan tol.

Sopir harus memerhatikan rambu-rambu yang ada, batas kecepatan, dan jalur yang dipakai. Misalkan, sisi bahu jalan jangan dipakai untuk menyusul.

Di kesempatan yang lain, Pelatihan Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, penting untuk sopir pemula untuk patuhi rambu-rambu yang ada.

Dia menerangkan, salah satunya kekeliruan yang umum dilaksanakan sopir pemula ialah minimnya pengetahuan akan rambu-rambu jalan raya.

"Belajar bukan hanya operasional, tetapi saksikan rambu-rambunya. Apa yang perlu dilaksanakan untuk menghindar bahaya," kata Sony pada Kompas.com, baru saja ini.

Paling akhir, Marcell merekomendasikan sopir pemula untuk berkendara di jalur tengah jalan tol.

"Mengemudilah di jalur tengah, dan samakan kecepatan dengan kendaraan lain dan yakinkan selalu menjaga jarak aman," terang Marcell.