Hati-hati Produk Berbahaya, Ini Langkah Gampang Cek BPOM Online


jackpot89.info - Tubuh Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengingati supaya warga lebih waspada dalam konsumsi obat atau makanan yang dibeli lewat online. Hal tersebut karena ada beberapa beberapa produk ilegal yang dipasarkan lewat cara online.

Direktur Standarisasi Obat Tradisionil, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Tubuh Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tepy Umur menjelaskan produk ilegal ini ialah produk yang tidak tercatat di BPOM, hingga kualitas dan keamanannya tidak terjaga. Karenanya dia mengimbau warga untuk mengecek ijin beredar lebih dulu saat sebelum lakukan pembelian.

"Kita harus konsumsi produk yang legal, tetapi tidak tutup peluang ada produk ilegal yang tersebar, ini dapat di check di www.cekbpom.pom.go.id. Warga dapat langsung menyaksikan ijin beredar beberapa produk itu," kata Tepy, dalam dialog virtual, diambil Minggu (9/1/2022).

Untuk memeriksa lewat web, customer dapat berkunjung situs cekbpom.pom.go.id. Berikut beberapa langkahnya.

  • Di halaman depan, dapat kelihatan diagram jumlah produk yang telah tercatat di BPOM. Selanjutnya disebelah atas diagram, ada kotak yang dapat diisikan oleh customer.
  • Pertama, tentukan kelompok penelusuran di samping kiri. Ada tujuh kelompok, salah satunya Nomor register, nama produk, merk, jumlah dan paket, wujud sediaan, formasi dan nama pendaftar.
  • Ke-2 , dapat tulis kolom "Kata Kunci" disebelah kanan. Seterusnya pencet "enter".
  • Kemudian, akan ada daftar beberapa nama produk, produsen, sampai alamat produsen dari produk itu bila sudah tercatat di BPOM.

Dalam pada itu, cara yang serupa bisa juga dilaksanakan lewat account BPOM Mobile. Program ini bisa didownload di Google Play Toko. Berikut langkah memeriksa produk lewat program BPOM Online

  • - Langkah pertama, customer perlu masuk memakai e-mail yang dipunyai.
  • Pada halaman khusus, customer jika click "semua produk" dan dapat menyaksikan semua produk teregistrasi, produk diurungkan atau public warning.
  • Sementara, cara memeriksa register barang dapat dilaksanakan sesuai cara pengujian di web yang diuraikan awalnya.