Mulai Esok, Tol Cisumdawu Seksi I Akan Digratiskan Sepanjang 2 Minggu


jackpot89.info - Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi Cileunyi-Pamulihan sah dioperasikan. Ini diikuti karena ada resmi Operasionalisasi Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan, di hari ini (24/1/2022).

Menteri Tugas Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, penuntasan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu penting untuk efektifitas operasional Lapangan terbang Kertajati, Dermaga Patimban, dan peningkatan ekonomi teritori Ciayu Majakuning dan Teritori Rebana Jawa Barat.

"Saya animo upaya-upaya yang sudah dilaksanakan oleh Ditjen Bina Marga dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam rencana pemercepatan penuntasan Tol Cisumdawu," ucapnya lewat tayangan jurnalis, Senin.

Konstruksi Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan, sudah dilaksanakan tes laik peranan pada 17-18 Januari 2022. Dalam pengesahan itu, Kepala Tubuh Pengontrol Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menerangkan, berdasar hasil eksperimen, Tol Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan bisa memotong waktu pintas 15 menit dari mulanya dilakukan sepanjang 60 menit lewat lajur Jalan Raya Bandung-Cirebon.

"Dengan begitu, arus pengerahan barang dan jasa jadi lebih efektif hingga industri dan pariwisata di daerah sekitaran terus tumbuh," tutur Danang.

Selanjutnya kata Danang, jika semua batas Tol Cisumdawu bekerja dan tersambung dengan akses Lapangan terbang Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati faedahnya yang dirasa akan makin besar. Jarak dan waktu pintas perjalanan dari daerah Bandung ke Lapangan terbang Kertajati secara berarti terpangkas sampai 50 %.

"Jika sekarang ini jarak dari Bandung ke Lapangan terbang Kertajati sekitaran 160 sampai 180 km, dan karena ada Tol Cisumdawu jadi sekitaran 60 km. Keinginannya Bandung ke arah Kertajati dapat 1 jam," terangnya.

Diuraikan Danang selanjutnya, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu terbagi dalam 6 seksi yang dibuat dengan pola Kerja Sama Pemerintahan dan Badan Usaha (KPBU) dengan ongkos konstruksi Rp 5,5 triliun. Dari ke enam seksi, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sejauh 11,45 km dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sejauh 17,05 km ditangani oleh pemerintahan.

Sekarang ini perkembangan fisik Seksi 2 capai 97 %. Selanjutnya Seksi 3-6 ditangani oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Citra Kreasi Jawa barat Tol (CKJT). Untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sejauh 4,05 km konstruksinya sudah selesai 100 %. Selanjutnya pembangunan Seksi 4 Cimalaka-Legok sejauh 8,20 km konstruksinya telah 18,9 %, dan seksi 5 Legok-Ujung Jaya sejauh 14,9 km perkembangan konstruksinya sejumlah 37,3 %.

Dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan perkembangan konstruksinya telah 86,5 %.

"Rintangan terbesar di Seksi 2 karena ada longsoran dan sudah dilaksanakan perkokohan tanahnya. Kita terus akan mempercepat, kami harap sekurangnya tengah tahun ini semuanya telah usai," katanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sampaikan animo atas beroperasinya Tol Cisumdawu Seksi Cileunyi-Pamulihan. Menurut Ridwal Kamil, Tol Cisumdawu Seksi 1 mulai akan bekerja Selasa (25/1/2022) esok tanpa biaya sepanjang 2 minggu, sebagai sisi dari publikasi ke warga.

Kedatangan Tol Cisumdawu akan percepat gerakan arus barang dan jasa dari Jawa Barat daerah selatan ke arah utara atau kebalikannya.

"Jadi saya benar-benar percaya diri tahun 2022 ini ekonomi akan bangun satu diantaranya dengan dibukanya Tol Cisumdawu Seksi 1," kata Ridwan Kamil.