Hari Gizi Nasional: Bersama Hindari Stunting dan Kegemukan

jackpot89.info - Hari Gizi Nasional 2022 diperingati tiap tahun pada 25 Januari. Peringatan ini jadi momen penting untuk tingkatkan kepedulian beragam faksi bersama membuat warga yang sehat lewat gizi imbang.

Hari Gizi Nasional diperingati dengan topik yang berlainan setiap tahunnya. Pada peringatan yang ke-62, Hari Gizi Nasional tahun ini mengangkat topik "Tindakan Bersama Hindari Stunting dan Kegemukan"

Mencuplik situs situs sah Dinkes Sleman, topik ini didasari oleh usaha kenaikan kualitas sumber daya manusia Indonesia hadapi stunting dan kegemukan.

Menurut Kemenkes RI, stunting ialah masalah perkembangan dan perubahan anak karena kurang gizi akut dan infeksi berulang-ulang yang diikuti dengan panjang atau tinggi tubuhnya ada di bawah standard.

Stunting pada anak mengakibatkan terusiknya perubahan otak, metabolisme badan, dan perkembangan fisik.


Opsi Redaksi

- 3 Sistem Puasa yang Efisien Turunkan Berat Tubuh

- Merokok dan Paparan Asap Rokok saat Hamil Dapat Buat Anak Stunting

- 5 Makanan yang Dapat Menghancurkan Otak Anak

Dan kegemukan sebagai factor resiko berlangsungnya Penyakit Tidak menyebar (PTM) seperti Penyakit Jantung Koroner (PJK), Diabetes Melitus (DM) atau kencing manis, dan hipertensi atau darah tinggi.

Penangkalan pada kegemukan bisa dilaksanakan dengan jalankan program Pergerakan Warga Hidup Sehat (GERMAS) yakni kegiatan fisik minimum 30 menit tiap hari, konsumsi sayur dan buah, tidak merokok, kurangi konsumsi gula garam dan lemak, dan periksakan kesehatan dengan teratur.


Riwayat Hari Gizi Nasional

Seperti dikutip situs Sehat Negeriku Kemenkes, usaha pembaruan gizi warga sudah diawali semenjak 1950. Waktu itu, Menteri Kesehatan J Leimena mengusung Poorwo Soedarmo sebagai kepala Instansi Makanan Rakyat (LMR), yang saat itu lebih dikenali sebagai Instituut Voor Volksvoeding (IVV).

Hari Gizi Nasional (HGN) diadakan untuk mengingati diawalinya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada 25 Januari 1951.

Semenjak waktu itu, pengajaran tenaga gizi semakin berkembang cepat di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Selanjutnya disetujui jika tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia.

Hari Gizi Nasional pertama kalinya diselenggarakan oleh Instansi Makanan Rakyat (LMR) pada tengah 1960-an.

Peringatan Hari Gizi Nasional ini selanjutnya diteruskan oleh Direktorat Gizi Warga semenjak 1970-an. Sampai saat ini, Hari Gizi Nasional sebagai jadwal sah Kementerian Kesehatan RI yang diperingati tiap tahun.