Penjelasan Fisika Boneka Roh Minum Soda Pakai Sedotan

jackpot89.info - Terakhir peristiwa spirit doll atau boneka roh sedang ramai dibahas. Salah satunya yang memikat, video boneka roh yang 'minum' soda gunakan sedotan. Triknya, dengan memberi soda dalam paket botol plastik, selanjutnya diberi bolongan pada botol itu. Dari bolongan itu, soda mulai naik di sedotan dan air juga menetes dari sedotan itu.

Namanya sains, ada selalu saja peluang yang lain dapat diperpecahkan dari hal yang mustahil untuk beberapa orang. Rina Kamila yang sekarang ini memegang sebagai periset pakar pertama di bagian sains material Tubuh Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menerangkan ini ke detikINET.

Dia menjelaskan jika minuman bersoda atau minuman berkarbonasi mempunyai penekanan tinggi (semakin tinggi dari air mineral), yang memiliki kandungan karbon dioksida (CO2). Pada keadaan temperatur rendah, kegiatan vibrasi molekul H2O condong kurang kuat hingga ikatan H2O semakin kuat yang mengakibatkan CO2 lebih susah untuk melepas diri. Kebalikannya, pada keadaan normal (temperatur ruang), kegiatan vibrasi molekul H2O semakin tinggi dan CO2 lebih gampang menguap ke udara.

Rina memperjelas peristiwa yang terjadi dalam kasus spirit doll itu, terjadi pada keadaan normal. Ditambahkan lagi penekanan pada minuman berkarbonasi telah tinggi.

"CO2 dalam botol soda usaha untuk keluar botol ke arah udara, memunculkan penekanan dari dalam botol yang mengakibatkan air soda turut tergerak keluar lewat sedotan, ke arah kondisi seimbang," katanya.

"Seandainya minuman bersoda tersebut dibuka lama lebih dulu sampai karbonnya lenyap, dalam kata lain air soda tak lagi bertekanan tinggi, karena itu peristiwa sama kemungkinan tidak bisa terjadi," pungkasnya.