Sering Disangka Flu, Rupanya COVID-19! Ini Tanda-tanda Omicron di Hidung Menurut Dokter

jackpot89.info - Dokter paru benarkan, tanda-tanda infeksi variasi Omicron benar-benar sangat serupa dengan flu biasa. Akhirnya bersamaan kenaikan kasus COVID-19 RI sekarang, warga disuruh tidak untuk meremehkan tanda-tanda semudah flu. Salah satunya, berbentuk hidung tersumbat dan meler.

Specialist paru RS Pertemanan dan Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, SpP(K) menerangkan tanda-tanda paling ciri khas pada pasien Omicron yang tidak umum dirasakan penderita flu ialah permasalahan kerongkongan. Misalkan gatal, ngilu, dan merasa sakit saat menelan makanan.

Selebihnya, tanda-tandanya ke-2 penyakit itu benar-benar sangat serupa. Karena seperti pasien flu, orang yang terkena COVID-19 variasi Omicron sering alami permasalahan pada hidung dibarengi sakit di kepala dan badan lemas.

"Ada yang berasa hidung mampet, ada yang berasa pilek ucapnya berbeda mengekspresikannya dengan hidung mampet, ada yang menjelaskan meler. Memang serupa dengan influenza. Ada pula tambahannya ngilu kepala, tubuhnya lemas," katanya dalam dialog online, Sabtu (29/1/2022).

Dengan keadaan itu, dr Erlina memperjelas, sekarang warga jangan memandang remeh deretan tanda-tanda flu. Karena bagaimana juga walau tanda-tandanya lebih enteng, variasi Omicron ialah virus Corona yang dapat memunculkan perburukan tanda-tanda terutamanya pada barisan rawan seperti lanjut usia dan penderita komorbid.

"Ini serupa sekali dengan flu. Oleh karenanya untuk keadaan Omicron yang mulai ramai ini tidak boleh terlampau memandang mudah flu. Khususnya ke orang lanjut usia atau umur tua, atau orang dengan komorbid yang komorbidnya tidak teratasi," ujarnya.