Dapatkah Anjing Rasakan Emosi Manusia? Ini Penuturannya



jackpot89.info - Saat bersedih atau mungkin tidak nyaman, kemungkinan kamu sempat memperhatikan jika anjing piaraan langsung mendekatkan kepadamu.

Sikap ini seperti terlihat mereka sedang berusaha untuk menentramkanmu. Tetapi, ini membuat suatu pertanyaan ada.

Apa mereka bisa mencium emosi manusia, dan bisa rasakan apa yang dirasa pemiliknya?


Anjing bisa mencium emosi manusia

Unsplash/Valerie Elash Contoh anjing dan pemiliknya

Biagio D'Aniello dari University of Naples "Federico II", Italia, mengutarakan, beberapa periset sudah tahu sikap ini., seperti disitat Cuteness, Senin (21/2/2022).

Anjing bisa menyaksikan dan dengar pertanda emosi manusia. Tetapi, sedikit yang memberikan perhatian pada indra penciuman.

Berdasar hal itu, D'Aniello dan beberapa mitranya juga menguji apa anjing bisa mengetahui emosi memakai indra penciumannya yang kuat.

Beberapa relawan manusia diperlihatkan beberapa segmen dari video The Shining atau The Jungle Book. Ini untuk mengeruk tanggapan ketakutan atau rasa suka.

Sesudah video dilihat, beberapa pakar ambil contoh keringat untuk dikasih ke anjing piaraan. Sikap dan detak jantung mereka diawasi.

Anjing yang terkena "berbau ketakutan" mempunyai detak jantung yang bertambah, dan memperlihatkan pertanda penekanan tidak seperti anjing yang terkena keringat "suka" atau "netral".

PIXABAY/CINDY PARKS Contoh anjing piaraan, memiara anjing.

Bahkan juga, anjing yang menghirup bau ketakutan ini menarik diri dari peradaban sosial, dan memerlukan semakin banyak kenyamanan dan selingan dari pemiliknya.

"Tanggapan itu kelihatannya menggambarkan manusia yang diketahui karena mereka sendiri melakukan tindakan secara mengerikan," terang seorang pakar anjing namanya Stanley Coren.

Untuk anjing yang terkena keringat "suka", mereka berasa cukup rileks untuk berhubungan sama orang asing yang hasilkan berbau itu, dan semakin sedikit memerlukan perhatian dari pemiliknya.


Mengendusi dapat kurangi depresi

Mengendusi lingkungannya ialah sikap yang perlu untuk anjing. Saat ajaknya jalanan, diamkan mereka stop untuk mengendusi bunga atau hal yang lain.

Pakar sikap hewan yaitu Marc Bekoff menerangkan, anjing yang kekurangan sensorik mempunyai potensi alami depresi.

Contoh anjing dan pemiliknya. Anjing teman dekat manusia

"Tidak meluluskan anjing untuk latih hidung dan indra yang lain menjadi wujud kekurangan sensorik. Ini merebut info yang mereka perlukan untuk cari tahu apakah yang terjadi di dunianya," tutur Bekoff.

Selanjutnya, buta berbau bisa membuat anjing depresi. Mereka memerlukan berbau dan info yang lain untuk memandang apa yang terjadi disekelilingnya.


Perlu riset selanjutnya

Walau anjing dapat mencium emosi manusia, tetapi riset selanjutnya harus tetap dilaksanakan. Karena, masih tetap ada yang belum dijumpai mengenai penyesuaian emosional ini.

Benarkah hal itu sebagai karakter bawaan anjing, atau suatu hal yang berkembang sepanjang didomestikasi sekian tahun lama waktunya?

Dokter hewan Karen Shaw Becker mengutarakan ke Healthy Pets, ia ingin mencari apa kondisi emosial sebuah rumah mempunyai dampak periode panjang pada kesehatan anjing.

Menurutnya, kondisi rumah yang berbahagia tumbuhkan anjing yang berbahagia. Tapi, pemilik yang depresi atau sakit condong tumbuhkan anjing yang kurang sehat.