39 Pasien Covid-19 di Magetan Wafat dalam 3 Bulan, Kadinkes: Dikuasai Lanjut usia



jackpot89.info - Pemerintahan Kabupaten Magetan, Jawa Timur, 39 kasus kematian pasien Covid-19 sepanjang tiga bulan akhir, yaitu Januari sampai 25 Maret 2022.

Dinas Kesehatan Magetan memandang, angka kematian itu lumayan tinggi dan perlu mendapatkan perhatian.

"Dari 39 kasus kematian pasien Covid-19 di Magetan sepanjang Januari sampai mendekati akhir Maret ini dikuasai oleh golongan lanjut usia yang mempunyai penyakit pengantar berat," tutur Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Rohmat Hidayat diambil dari Di antara, Jumat (25/3/2022).

Rohmat menguraikan, penyakit pengantar atau komorbid yang dialami pasien Covid-19 wafat itu ibarat stroke, tumor otak, jantung, diabetes, sampai hipertensi.

Rerata, penyakit pengantar yang dialami pasien lanjut usia itu masuk kelompok berat.

Selainnya komorbid, beberapa dari pasien Covid-19 itu wafat karena belum mendapatkan vaksin Covid-19.

Untuk tekan keadaan pasien lebih buruk, Dinas Kesehatan Magetan minta warga selekasnya ikuti vaksinasi Covid-19. Warga disuruh langsung berkunjung service kesehatan bila sudah mendapatkan agenda vaksinasi.

"Kami lakukan publikasi keutamaan warga Magetan untuk memperoleh vaksinasi Covid-19, terutamanya lanjut usia, baik itu vaksin jumlah pertama, ke-2 , atau penguat. Karena ini salah satunya usaha untuk turunkan angka kematian," katanya.

Warga disuruh disiplin mengaplikasikan prosedur kesehatan sebagia usaha menahan penebaran Covid-19.

Sampai Jumat, terdaftar 12.721 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Magetan. Dari jumlahnya itu, 11.600 pasien pulih, 105 orang masih dirawat, dan 1.016 pasien wafat.