6 Barang Electronic yang Tidak Bisa Dicolok ke Stopkontak Kabel



jackpot89.info - Stopkontak kabel (extension stopkontak) sebagai socket tambahan untuk penuhi keperluan stopkontak khusus yang ada pada dinding.

Tetapi, perlu kamu kenali jika tidak seluruhnya barang electronic dapat dicolokkan ke stopkontak kabel.

Karena, barang-barang electronic bisa memberatkan circuit stopkontak kabel terlalu berlebih, hingga mengakibatkan panas berlebihan atau bahkan juga kebakaran.

Dikutip dari sejumlah sumber, Senin (21/3/2022), berikut ini ialah barang electronic yang jangan dicolok ke stopkontak kabel.

AC direncanakan untuk transisi hidup dan mati, dan menarik arus dengan jumlah besar saat dihidupkan.

Maka kegiatan ini bisa memberatkan stopkontak kabel dan mengakibatkan pemutus arus trip atau mengakibatkan panas berlebihan yang beresiko.

Maka dari itu, steker AC selalu harus dicolok ke stopkontak khusus, bukan stopkontak kabel.


Kulkas dan freezer

Barang electronic dengan daya besar seperti kulkas dan freezer memerlukan banyak daya, yang mana ini bisa secara mudah memberatkan stopkontak kabel.

Jadi steker kulkas dan freezer harus terpasang langsung ke stopkontak khusus. Bila terpasangkan ke stopkontak kabel, ini bisa memunculkan resiko listrik 'jetrek' alias listrik padam.


Rice cooker

Rice cooker sebagai salah satunya barang electronic yang mengisap banyak daya saat proses mengolah nasi, hingga tidak aman jika dicolokkan ke stopkontak kabel.

Untuk mencolokkan steker rice cooker, kamu membutuhkan setop contact khusus yang ada pada dinding.


Microwave

Microwave ialah barang electronic dapur untuk memanggang, mengolah, dan memanasi kembali makanan dalam sekejap.

Tapi, pemakaian microwave memerlukan semakin banyak energi listrik dibanding yang bisa disiapkan oleh socket tambahan seperti stopkontak kabel.

Seperti oven listrik konservatif, microwave harus juga mempunyai stopkontak khusus tertentu dan tidak dapat dipadukan dengan piranti electronic lain.


Panggangan roti

Bila pernah melihat ke pemanggang roti, kamu ketahui jika sisi dalamnya ialah beberapa kumpulan kabel yang memanasi sampai temperatur panas untuk memanggang roti.

Tarikan arus yang diperlukan panggangan roti bisa secara mudah mengakibatkan stopkontak kabel jadi terlampau panas.


Perlengkapan perawatan rambut

Dibutuhkan listrik yang besar sekali untuk memberikan daya pada pengering rambut, tongkat pengeriting, dan cantokan.