+ Fakta Planet Neptunus: Punyai Cincin sampai Gravitasi Serupa Bumi

jackpot89.info - Neptunus ialah planet paling jauh dari Matahari. Itu sebagai planet kedelapan di tata surya.

Karena jauh, tidak banyak visi eksploitasi ke Neptunus. Walau demikian banyak bukti menarik dari raksasa gas (dan es) satu ini.

Apa itu? Berikut 7 bukti Neptunus, dikutip dari Universe Today:

1. Raksasa gas paling kecil

Di tata surya ini ada banyak planet yang dikatakan sebagai raksasa gas. Namun, Neptunus ialah yang paling kecil, yakni dengan radius khatulistiwa cuman 24.764 km.

Tetapi antiknya Neptunus lebih masif dari Uranus sekitaran 18 %. Kepadatan Neptunus lebih tinggi dibanding Uranus. Dengan 1,638 g/cm 3, Neptunus ialah raksasa gas paling padat di tata surya.


2. Gravitasi hampir serupa dengan Bumi

Neptunus ialah bola gas dan es. Mustahil Anda dapat berdiri di atas Neptunus tanpa terbenam demikian saja.

Bila Anda dapat berdiri di atas Neptunus, Anda akan menyaksikan suatu hal yang mengagumkan, yakni style gravitasi yang seperti Bumi.

Gravitasi Neptunus semakin kuat 17 % dibanding gravitasi Bumi. Adapun massa Neptunus 17 kali semakin besar dibandingkan massa Bumi.


3. Penemuan Neptunus masih pro-kontra

Orang yang peluang mendapati Neptunus untuk pertama kalinya ialah Galileo Galilei. Ia mengidentifikasi Neptunus sebagai bintang di salah satunya gambarnya.

Namun, karena ia tidak mengidentifikasinya sebagai planet, ia tidak dipandang seperti penemunya.

Penghargaan itu dikasih ke pakar matematika Prancis Urbain Le Verrier dan pakar matematika Inggris John Couch Adams.

Saat astronom Johann Gottfried Galle betul-betul mendapati planet ini di tahun 1846, ke-2 pakar matematika itu beri pujian penemuan itu.

Astronom Inggris dan Prancis berebutan siapakah yang pertama kalinya mendapati, dan masih tetap ada pembela masing-masing claim sampai ini hari.

Menurut kesepakatan beberapa astronom, Le Verrier dan Adams yang pantas mendapatkan sanjungan atas penemuan Neptunus.


4. Angin paling kuat di tata surya 

Neptunus mempunyai badai yang mengerikan dengan kecepatan sampai 2.100 km/jam, walau sebenarnya permukaan atasnya sedingin es.

Peluang hal itu muncul karena temperatur dingin dan saluran gas fluida di atmosfer planet bisa kurangi gesekan sampai gampang hasilkan angin yang bergerak demikian cepat.


5. Planet terdingin di tata surya 

Di pucuk awannya, temperatur di Neptunus dapat turun sampai 51,7 Kelvin, atau -221,45 derajat Celcius.

Itu nyaris 3x lipat temperatur terdingin yang sempat terdaftar di Bumi (-89,2 derajat Celcius). Maknanya, manusia yang berada di sana akan membeku dalam waktu cepat.


6. Mempunyai cincin 

Mekanisme cincin sejauh ini yang terpopuler ialah punya planet Saturnus. Namun, Neptunus juga punyai cincin.

Tetapi, cincin Neptunus sedikit susah untuk dilihat.

Keseluruhan cincinnya ada 5. Semua dinamakan menurut beberapa astronom yang membuat penemuan penting mengenai Neptunus, yakni Galle, Le Verrier, Lassell, Arago, dan Adams.

Cincin ini terbagi dalam minimal 20 % debu (dengan beberapa memiliki kandungan sekitar 70 %) yang memiliki ukuran mikrometer, serupa dengan partikel yang membuat cincin Jupiter.

Cincin planet ini susah disaksikan karena gelap, peluang karena ada senyawa organik yang sudah diganti karena paparan radiasi kosmik.

Dipercaya jika cincin Neptunus relatif muda, lebih muda dari umur Tata Surya.