4 Buah yang Tinggi Gula dan Kalori, Tidak boleh Dikonsumsi Terlampau Banyak



jackpot89.info - Buah-buahan kerap kali disamakan dengan makanan bergizi serta sehat. Hal tersebut karena banyak buah mempunyai kandungan yang bagus untuk badan seperti serat, vitamin, mineral, sampai anti-oksidan.

Walau demikian, beberapa macam buah malah memiliki kandungan semakin banyak gula dan kalori yang mana dua zat ini jangan atau mungkin tidak dianjurkan dimakan kebanyakan.

Disamping itu, beberapa macam buah dapat mengakibatkan efek untuk orang dengan permasalahan kesehatan seperti diabetes dan GERD bila dimakan melewati batasan normal.

Beberapa macam buah berikut mempunyai kandungan gula dan kalori yang tinggi. Maka dari itu, buah-buah berikut sering dikatakan sebagai buah sekurang-kurangnya sehat.

Karenanya, dianjurkan tidak untuk konsumsi buah-buah berikut terlalu berlebih sebab bisa berpengaruh jelek untuk badan. Dikutip dari Healthline, berikut beberapa buah sekurang-kurangnya sehat.

Beberapa macam buah, baik fresh atau kering, memiliki kandungan gula alami yang tinggi. Bila ingin kurangi konsumsi karbohidrat atau gula, konsumsi buah-buahan berikut harus terbatasi.


1. Buah kering


Beberapa varietas buah kering yang kerap ditemui ialah apel, kismis, aprikot, buah ara, mangga, nanas, dan cranberry. Daripada buah fresh, buah kering mempunyai semakin banyak kandungan kalori, karbohidrat, dan gula.

Itu maknanya saat kita konsumsi satu genggam buah kering, kalori yang diterima badan semakin banyak dibanding saat kita makan buah fresh walau dengan jumlah yang serupa.

Karena kandungan gula yang semakin tinggi dalam buah kering (bahkan juga tanpa tambahan gula), seharusnya buah kering dimakan dengan jumlah sedang, terlebih bila ingin kurangi konsumsi gula.

Buah kering ada dalam beragam tipe dan rerata tinggi gula alami. Maknanya, kandungan ini bagus untuk seorang yang mencari makanan menambah berat tubuh, terlebih bila cari makanan yang ringkas dan rasanya nikmat.


2. Leci


Leci ialah buah yang memiliki kandungan banyak mikronutrien khusus, terhitung vitamin C, tembaga, dan kalium. Walau demikian, kandungan gula pada leci tidak dapat disebut rendah.

Konsumsi leci menjadi permasalahan untuk Anda yang jalani diet rendah karbohidrat atau rendah gula. Adapun sekitar 190 gr leci mentah memiliki kandungan 125 kalori dan 29 gr gula.


3. Mangga


Mangga benar-benar terkenal karena rasanya yang manis dan teksturnya yang halus. Mangga kaya dengan beragam gizi, seperti vitamin C, folat, dan tembaga.

Tetapi, di lain sisi, mangga memiliki kandungan gula alami dengan jumlah tinggi. Adapun sekitar 165 gr mangga memiliki kandungan 99 dan 22,5 gr gula.

Selainnya buah yang tinggi gula di atas, masih tetap ada tipe buah yang lain yang tinggi kalori. Walau masih tetap bisa dicicipi sebagai sisi dari skema makan padat gizi, konsumsi buah berikut perlu terbatasi bila ingin kurangi konsumsi kalori atau turunkan berat tubuh.


1. Buah plum


Plum ialah tipe buah kering yang dikenali karena kandungan serat dan dampak pencaharnya. Tetapi, seperti tipe buah kering yang lain, buah plum relatif tinggi kalori, karbohidrat, dan gula. Adapun sekitar 174 gr buah plum memiliki kandungan 418 kalori dan 66 gr gula.