5 Manfaat Kacang Hijau, Turunkan Cholesterol sampai Penekanan Darah



jackpot89.info - Kacang hijau (Vigna radiata) sebagai tipe kacang-kacangan yang kaya gizi. Kacang hijau terhitung salah satunya sumber protein nabati terbaik karena mangandung banyak asam amino fundamental , seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin, dan sebagainya. Karena kacang hijau dimakan berbentuk kecambah, penting untuk dicatat jika kecambah mengganti formasi gizinya. Kacang kecambah memiliki kandungan semakin sedikit kalori dan semakin banyak asam amino bebas dan anti-oksidan.

Faedah kacang hijau Dikutip dari Healthline, berikut 5 faedah kacang hijau menurut sains. 

1. Kurangi resiko penyakit akut

Kacang hijau memiliki kandungan banyak anti-oksidan sehat, seperi asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat, dan sebagainya.

Anti-oksidan menolong menetralisir molekul yang mempunyai potensi beresiko yang dikenali sebagai radikal bebas.

Dengan jumlah tinggi, radikal bebas bisa berhubungan dengan elemen mobile dan datangkan permasalahan kesehatan.

Kerusakan ini berkaitan dengan infeksi akut, penyakit jantung, dan kanker.

Study tabung mendapati jika anti-oksidan dalam kacang hijau bisa menetralisir kerusakan radikal bebas yang berkaitan dengan perkembangan kanker di sel paru-paru dan perut. Simak juga: Faedah Buah Pisang untuk Sahur dan Buka Puasa


2. Menahan heat stroke

Kacang hijau dipercayai mempunyai karakter anti-inflamasi yang menolong membuat perlindungan badan dari heat stroke atau gempuran panas, temperatur badan yang tinggi, dan dehidrasi.

Riset pada hewan sudah memperlihatkan jika anti-oksidan dalam sup kacang hijau bisa menolong menjaga sel dari cidera karena radikal bebas yang tercipta sepanjang gempuran panas.


3. Kurangi resiko penyakit jantung

Cholesterol tinggi, khususnya cholesterol jahat, bisa tingkatkan resiko penyakit jantung. Menariknya, riset memperlihatkan jika kacang hijau kemungkinan mempunyai karakter yang bisa turunkan cholesterol jahat. Misalkan, riset pada hewan memperlihatkan jika anti-oksidan kacang hijau bisa turunkan cholesterol jahat dan membuat perlindungan partikel cholesterol dari hubungan dengan radikal bebas yang tidak konstan. Simak juga: Faedah Buah Pisang untuk Sahur dan Buka Puasa Disamping itu, pantauan dari 26 riset mendapati, makan satu jatah harian (sekitaran 130 gr) kacang- kacangan secara berarti turunkan kandungan cholesterol jahat.


4. Kurangi tekanan darah 

Kacang hijau bisa menolong turunkan tekanan darah karena sebagai sumber potasium, magnesium, dan serat yang bagus. Analitis dari 8 riset memperlihatkan, konsumsi kacang-kacangan yang semakin tinggi, bisa turunkan tekanan darah ke orang dewasa dengan dan tanpa tekanan darah tinggi. Riset tabung dan riset pada hewan memperlihatkan jika protein kacang hijau bisa tekan enzim yang alami tingkatkan tekanan darah.


5. Menolong kesehatan pencernaan

Kacang hijau memiliki kandungan beragam gizi yang baik untuk kesehatan pencernaan.  Masalahnya kacang hijau memiliki kandungan banyak serat, memberi 15,4 gr per 200 g yang diolah. Secara eksklusif, kacang hijau memiliki kandungan semacam serat terlarut, yang disebutkan pektin, yang bisa menolong mempertahankan kesehatan usus dengan percepat gerakan makanan lewat usus. Kacang hijau, seperti kacang-kacangan yang lain, memiliki kandungan pati resisten. Pati resisten bekerja serupa dengan serat terlarut karena menolong sehatkan bakteri sehat di usus. Bakteri selanjutnya mengolahnya dan menggantinya jadi asam lemak rantai pendek, terutamanya butirat. Study memperlihatkan, butirat bisa tingkatkan kesehatan pencernaan dalam beberapa langkah. Misalkan, butirat bisa sehatkan beberapa sel usus besar, tingkatkan pertahanan kebal usus, serta turunkan resiko kanker usus besar.