Peredaran Kinder Joy Disetop Sementara, BPOM Melakukan Acak Sample


jackpot89.info - Tubuh Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI memilih untuk hentikan sementara peredaran produk telur cokelat merk Kinder, sampai produk itu ditegaskan tidak memiliki kandungan cemaran bakteri Salmonella.

"BPOM menjaga dan pastikan pemberhentian peredaran itu dilaksanakan sesuai proses yang berjalan," begitu bunyi info tercatat BPOM yang diterima Kompas.com, Senin (11/4/2022).

BPOM mengatakan, sepanjang peredaran cokelat Kinder disetop, faksinya akan lakukan acak sample dan pengetesan di semua daerah Indonesia.

Adapun produk merk cokelat Kinder yang tercatat di BPOM datang dari India bernama variasi produk diantaranya yakni, Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls. Produk itu dibuat oleh Ferrero India PVT, LTD.

BPOM menjelaskan, pemberhentian sementara peredaran produk dilaksanakan dengan konsep kehati-hatian, walau cokelat merk Kinder yang diambil di beberapa negara Eropa berlainan dengan coklat merk Kinder yang tercatat di BPOM RI.

"Bila warga mendapati produk cokelat merk Kinder yang tidak tercatat di BPOM, supaya memberikan laporan ke BPOM lewat Kontak Center HALOBPOM atau Unit Service Aduan Customer (ULPK) Balai Besar/Balai/Loka POM di semua Indonesia," bunyi info tercatat BPOM.

Seterusnya, BPOM memiliki komitmen untuk lakukan pemantauan saat sebelum produk itu tersebar (pre-market) dan sesudah produk tersebar (post-market) untuk menjaga keamanan, kualitas, dan nutrisi pangan.

"BPOM menghimbau warga supaya jadi customer pintar dan tidak gampang dipengaruhi dengan rumor yang tersebar dengan selalu lakukan Check KLIK (Check Paket, Check Cap, Check Ijin Beredar, dan Check Lewat waktu) saat sebelum beli atau konsumsi produk pangan," lanjut bunyi info tercatat itu.

Awalnya, pada 2 April 2022, Food Standar Agen/FSA Inggris mengeluarkan peringatan khalayak berkaitan penarikan secara suka-rela produk cokelat merk Kinder Kejutan karena diperhitungkan tercemar bakteri Salmonella (non-thypoid).

Salmonella ini bisa memunculkan tanda-tanda enteng seperti diare, demam, dan kram perut. Korban yang terimbas sekitar 63 orang anak-anak, tetapi tidaklah sampai mengakibatkan kematian.

Produk yang diambil ialah produk cokelat merk Kinder Kejutan dalam paket tunggal 20 gr dan paket isi 3, 20 gr, dengan batasan tanggal lewat waktu masing-masing produk s/d tanggal 7 Oktober 2022.

Adapun untuk kehati-hatian, penarikan produk diperlebar dengan menambah beberapa variasi, yakni produk merk Kinder Kejutan paket 100 g, Kinder Mini Eggs paket 75 gr, Kinder Egg Hunt Kit paket 150 g, dan Kinder Schokobons paket 200 g dengan tanggal lewat waktu 20 April-21 Agustus 2022.