Puing-puing Kuil Dewa Zeus Diketemukan di Semenanjung Sinai Mesir

jackpot89.info - Beberapa arkeolog Mesir mendapati puing-puing kuil Zeus, di Semenanjung Sinai. Zeus ialah dewa paling tinggi dalam mitologi Yunani kuno.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Purbakala, dalam sebuah pengakuan, puing-puing kuil Zeus itu diketemukan di website arkeologi Tell el-Farma pada bagian barat Laut Sinai.

Tell el-Farma dalam nama kuno, dikenal juga sebagai Pelusium, yang dari jaman Firaun akhir dan dipakai sepanjang jaman Yunani-Romawi dan Bizantium.

Bahkan juga, di website penemuan puing-puing kuil Zeus ini masih ada beberapa sisa artefak yang dari masa Kristen dan Islam awalnya.

Sekretaris jenderal Dewan Paling tinggi Kepurbakalaan Mesir, Mostafa Waziri menjelaskan, beberapa arkeolog mengeruk puing-puing kuil Zeus lewat gerbang masuknya.

Gerbang ini terdiri dari 2 tiang batu granit besar yang kelihatan roboh. Gerbang kuil Zeus itu diprediksi remuk dalam gempa bumi yang paling kuat di jaman kuno.

Waziri menjelaskan jika puing-puing kuil itu diketemukan antara Benteng Pelusium dan sebuah gereja peringatan di lokasi itu.

Beberapa arkeolog mendapati satu set balok granit yang peluang dipakai untuk membuat tangga untuk beberapa penyembah Zeus untuk capai kuil.

Egyptian Tourism and Antiquities Ministry/AP lewat PHYS Penemuan puing-puing kuil Zeus di Semenanjung Sinai, Mesir. Arkeolog lakukan penggalian di lokasi penemuan kuil Zeus, dewa dalam mitologi Yunani Kuno yang ada di situs Tell el-Farma.

Penggalian puing-puing kuil kuno di wilayah itu diawali di awal 1900 saat pakar Mesir Kuno Perancis, Jean Clédat mendapati prasasti Yunani kuno yang memperlihatkan kehadiran kuil Zeus-Kasios tapi ia tidak mengeruknya, menurut kementerian.

Zeus-Kasios ialah kombinasi dari Zeus, Dewa langit dalam mitologi Yunani kuno, dan Gunung Kasios di Suriah, tempat Zeus pernah disembah.

Direktur situs arkeologi Sinai, Hisham Hussein menjelaskan prasasti yang diketemukan di wilayah itu memperlihatkan jika Kaisar Romawi Hadrian (117-138) sudah melakukan renovasi kuil.

Hussein menjelaskan beberapa pakar akan pelajari block granit yang dikeduk dan lakukan survey fotogrametri untuk menolong tentukan design arsitektur kuil.

Penemuan puing-puing kuil Zeus ialah yang terkini dari rangkaian penemuan kuno yang disebut Mesir dalam tahun-tahun ini diharap bisa menarik semakin banyak pelancong.