5 Merk Jam Tangan Terlaku di Indonesia, Tipe Automatic Semakin Disukai

jackpot89.info - Warga Indonesia rupanya masih tetap bernafsu untuk berpenampilan dengan arloji baru walau didera wabah COVID-19. Lalu merk arloji apa yang terlaku di Tanah Air?

Berdasar data pemasaran 2020-2021 dari situs Jamtangan, tersingkap jika arloji tipe automatic benar-benar disukai di Indonesia. Bisa dibuktikan, minimal lebih dari 15.000 buah arloji automatic yang terjual.

Berlainan dari arloji tipe quartz yang pernah memimpin pasar, arloji automatic atau yang memakai mesin mekanis tidak memerlukan battery. Mesin jam jalan automatis dengan memercayakan tenaga dari pendorong tersebut.

Kepamoran arloji automatic ini sempat terancam oleh kedatangan quartz yang memiliki tenaga battery pada 1970-an. Hingga muncul peristiwa 'quartz crisis' di Eropa (terutamanya Swiss) susul agresi beragam arloji quartz.

Dibanding jam automatic yang mempunyai harga tinggi saat itu dan perawatan yang semakin tinggi (harus diservis sekali dalam 3-5 tahun, jangan dekat objek bermedan magnet tinggi, dan benar-benar peka pada guncangan keras), arloji quartz tawarkan alternative yang lebih ringkas dan gampang.

Tetapi bersamaan perubahan jaman, penawaran design arloji automatic makin bermacam dan harga juga berkompetisi.

"Semenjak bangun dari 'quartz crisis', arloji automatic alami peralihan nilai. Bukan sekedar peranan, arloji automatic sekarang punyai positioning sebagai jam eksklusif dengan craftsmanship tinggi," tutur CEO Jamtangan Paul Cahyadi dalam info resminya ke Wolipop detikcom, Senin (6/12/2021).


Berikut lima merk arloji automatic terlaku sepanjang masa Januari 2020 - September 2021:


1. Seiko

Kualitas arloji automatic Seiko memang adalah yang terbaik dalam kelasnya. Tidaklah aneh, jam automatic Seiko sering menjadi buruan dan mencatat angka pemasaran paling tinggi yaitu capai 54,36 %.

Jam automatic Seiko tidak cuman memercayakan kualitas, tetapi juga mempunyai keunikan. Seiko Prospex SPB103J1 misalkan, sukses jadi best-seller karena feature automatic movement Cal. 6R35 yang handal dan menyuguhkan figure seperti Rolex Submariner Hulk hingga sering dipanggil sebagai Seiko "Sumo Hulk".


2. Spinnaker


Spinnaker tempati posisi ke-2 pemasaran jam automatic paling tinggi dengan prosentase 17,73 %. Beberapa seri automatic yang paling jadi incaran ialah Spinnaker Vintage Bradner, Spinnaker Hull, dan Spinnaker Vintage Dumas.

Ke-3 nya mempunyai keunggulan sama yaitu feature diving oke, Japanese automatic movement, dan harga benar-benar dapat dijangkau untuk sebuah automatic-watch yaitu sekitaran Rp dua juta. Spinnaker disebutkan jadi opsi untuk pemburu arloji automatic berkualitas karena harga yang termasuk berteman.


3. Orient

Tempati posisi ke-3 merk arloji terlaku ada Orient, dengan seri Orient Star-nya. Arloji automatic Orient Star mempunyai segi craftsmanship tinggi dengan detil istimewa.

Seperti Orient Star RE-HH0003S, yang dibuat open-heart dial (beberapa dial terbuka hingga menunjukkan mesin arloji). Design semacam ini biasa diketemukan pada luxurious-watch, tetapi ditawarkan pada harga lebih dapat dijangkau oleh Orient.


4. Fossil

Nama Fossil sebetulnya sangat jamak untuk pencinta fashion-watch dengan quartz movement. Tetapi, peluncuran jam automatic dari Fossil rupanya banyak dicari juga.

Keunggulan jam automatic Fossil berada pada design sophisticated pada harga dapat dijangkau. Fossil ME3200 yang menjadi satu diantara mode terlaku misalkan, diberi skeleton-dial yang detil dan kuat, tetapi ditawarkan dari harga Rp dua juta saja.


5. Thomas Earnshaw

Di kelompok masyarakat umum, nama Thomas Earnshaw mungkin kedengar asing. Walau begitu di kelompok watch-enthusiast, Thomas Earnshaw benar-benar disukai.

Salah satunya mode terlaku ialah Thomas Earnshaw ES-8096-04 Westminster. Merk arloji asal Inggris ini dibandrol dari Rp2 juta dan bentuknya mempresentasikan the art of watchmaking dengan skeleton dial yang menarik.