Seragam Satpam Akan Diganti Kembali Jadi Warna Krem Supaya Tidak Serupa Polisi



jackpot89.info - Seragam unit penyelamatan atau Satpam akan diganti jadi warna krem karena seragam Satpam warna cokelat muda keabuan sekarang ini memusingkan serupa seragam polisi.

Seragam Satpam serupa polisi sekarang ini ialah warna peralihan dari mulanya warna biru tua. Peralihan kembali warna seragam Satpam terakhir dalam ulasan intern kepolisian.

"Masih juga dalam proses pembahasan warna pakaian cokelat muda akan beralih menjadi warna krem," kata Kepala Agen Pencahayaan Warga (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan ke reporter, Rabu (12/1).

Kepolisian memandang seragam Satpam sekarang ini dipandang terlampau serupa sama yang dikenai personil Korps Bhayangkara. Hingga, kata Ahmad, seragam itu mengakibatkan ketidaktahuan di tengah-tengah warga.

"Hingga mengakibatkan ketidaktahuan dan kesusahan masyarakat untuk membandingkan Polisi dan Satpam," terangnya.

Ahmad menjelaskan Satpam sebagai karier yang memikul peranan kepolisian terbatas. Hingga dibutuhkan identitas tertentu yang lain dengan Polri sebagai lembaga yang membinanya.

Rekonsilasi seragam Satpam sekarang ini ditata lewat Ketentuan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 mengenai Penyelamatan Swakarsa yang diundangkan pada 5 Agustus 2020.

Mengarah pada beleid Perkap 4/2020, ada beberapa rekonsilasi baru untuk anggota Satpam. Misalkan, sekarang anggota Satpam mempunyai kepangkatan bertahap yang terdiri jadi tiga kelompok. Selanjutnya, ada batasan usia untuk anggota Satpam untuk pensiun.

Disamping itu , sekarang seragam Satpam dibikin seperti punya Polisi, yaitu dikuasai dengan warna coklat dan mempunyai pertanda kepangkatan.

Proses peralihan seragam Satpam masih digodok oleh kepolisian. Warna seragam Satpam yang baru nanti akan dikenalkan saat Hari Ulangi Tahun (HUT) Satpam.

"Dan akan diterapkan sesudah usai pembahasan dan diberi waktu satu tahun sesudah ditetapkan pemakaiannya," kata Ahmad.